M. Robibbb 7 months ago
Gabutnya Ngeri #sains

Air dalam Kehidupan Makhluk Hidup

Peran Penting Air dalam Kehidupan

Dalam buku biologi, telah dijelaskan bahwa kandungan air dalam bakteri adalah sebesar 70%. Selain itu, bagian-bagian tubuh manusia juga mengandung air secara bervariasi. Seperti paru-paru mengandung 90% air, otak mengandung 70% air, dan bahkan tulang juga memiliki kandungan air sebesar 20%.

Di antara semua planet yang ada, hanya bumi yang atmosfernya memiliki kandungan air (H₂O) dan oksigen (O₂). Air dan oksigen merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Air sangat dibutuhkan oleh organ tubuh, di antaranya untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu terjadinya proses metabolisme, dan menjalankan proses transportasi mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya.

Hubungan Air dengan Makhluk Hidup

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ (QS. Al- Anbiya’: 30)

Artinya: “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu kemudian Kami pisahkan antara keduanya, dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air, maka mengapa mereka tidak beriman?”

Ayat di atas menjelaskan sekaligus menegaskan bahwa seluruh makhluk hidup tersusun dari air. Bukankah manusia itu diciptakan dari tanah? lantas, bagaimana bisa disebutkan bahwa segala makhluk hidup itu berasal dari air?

Untuk bertahan hidup, kita tidak akan bisa terlepas dari air. Seorang ilmuwan terkenal Baptista van Helmont pada tahun 1640-an menemukan bahwa air dalam tanah adalah elemen yang paling penting dari perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Air menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan hidup. Ketika kebutuhan air kita tidak tercukupi, bukan hal yang mustahil akan membuat tubuh kita mengalami gangguan.


والله أعلم


Sumber:

Mailanto, Arsan. 2016. "Penjelasan Alquran dan Sains Asal Makhluk Hidup Diciptakan dari Air". Okezone TV, 08 November 2016, dilihat 12 September 2023.<https://techno.okezone.com/read/2016/11/07/56/1535356/penjelasan-alquran-dan-sains-asal-makhluk-hidup-diciptakan-dari-air>.


Maqdis, Baitul. 2014. "Semua Makhluk Hidup Diciptakan dari Air". Yayasan Baitul Maqdis, 23 Agustus 2014, dilihat 12 september 2023. <https://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/semua-makhluk-hidup-diciptakan-dari-air/>.

20
176
Caesar cipher as a secret message

Caesar cipher as a secret message

1714290832.png
Azhnrkhlf
6 months ago
Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
11 months ago
Kepribadian Seseorang

Kepribadian Seseorang

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
8 months ago
Bahaya Jejak Digital

Bahaya Jejak Digital

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
7 months ago
Virtual Reality

Virtual Reality

1697933767.png
Elfarreess.🤫
6 months ago