Apa Arti tanda Z pada Militer Rusia?

Semoga kedamaian menyertai kita semua.

2024-10-07 14:10:22 - Галих Аджие Састражендра

PERINGATAN MOHON DIPERHATIKAN

Tulisan ini hanya bersifat informatif, bukan berarti saya mendukung pihak pihak tertentu dan mempropagandakannya. Saya menetang segala bentuk yang menggangu kedaulatan sebuah negara sesuai dengan pembukan UUD 1945 sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Masih ingatkah kalian pada 2 tahun yang lalu tepatnya 24 Februari 2022 Federasi Rusia menginvasi negara tetangganya yakni Ukraina. Invasi ini berlatar karena Ukraina ingin bergabung dengan pakta pertahanan Atlantik Utara dan menghilangkan supremasi Rusia serta berusaha bergabung dengan Uni Eropa. Hingga hari ini Rusia masih terus melakukan invasi ke Ukraina dan menurut berita terbaru pada 6 Oktober 2024, Rusia berhasil merebut kota penting di Oblast Donetsk yakni Vuhledar. Jika pernah melihat video perang di Ukraina, kita seringkali melihat kendaraan tempur ataupun personel angkatan bersenjata Rusia bertanda Z. Lantas apa arti dibalik tanda tersebut? 

Menurut beberapa pakar militer, tanda Z ini berfungsi sebagai tanda pengenal untuk mengurangi kasus Friendly Fire atau yang berarti menembak rekan sendiri. Menurut Instagram Kementerian Pertahanan Rusia, tanda Z ini pula berarti За Победу yang artinya “untuk kemenangan“ atau За Родину yang artinya “untuk ibu pertiwi“. Selain tanda Z, adapula tanda lain seperti V, O, dan lain lain. Tanda V juga berarti Сила в правде yang berarti kekuatan ada di dalam kebenaran. Berikut arti lain dalam tanda-tanda tersebut.



More Posts