ᴍ. ʀᴀғʟɪ 8 months ago
55:13 #sains

Api di Dalam Laut

Fenomena alam dalam Al-Qur'an.

Penemuan Api di Dalam Laut

Api umumnya akan padam ketika terkena air. Tetapi ternyata, memang ada api yang bisa menyala di dalam lautan.

Inilah fenomena yang terjadi di alam, tepatnya di dasar-dasar laut bumi. Api-api tersebut keluar secara alami akibat letusan-letusan gunung berapi bawah laut.

Fenomena api pada dasar laut ini, mulai terbukti secara ilmiah. Ketika dua ahli geologi berkebangsaan Rusia, Anatol Sbagovich dan Yuvi Bagnadov bersama rekannya ilmuwan Amerika Serikat (AS) yaitu Rosa Clint. Mereka meneliti tentang kerak bumi dan patahannya yang berada pada dasar laut. Pertengahan tahun 1990-an, mereka menyelam pada dasar laut menggunakan kapal selam sedalam 1.750 kilometer lepas pantai Miami. Pada dasar laut itulah mereka terkejut dengan fenomena aliran air yang sangat panas mengalir pada arah retakan batu. Pada aliran air itu bersama dengan semburan lava cair panas yang menyembur layaknya api pada daratan, serta debu vulkanik yang ikut layaknya asap kebakaran. Panas suhu api vulkanis tersebut dapat mencapai suhu 231 derajat celsius.

Api yang berada di dalam laut tetap bisa menyala. Kok bisa? Karena air memiliki oksigen yang dibutuhkan oleh api untuk tetap bisa menyala. Untuk berlangsungnya suatu pembakaran, diperlukan komponen keempat, yaitu rantai reaksi kimia (chemical chain reaction). Teori ini dikenal sebagai Piramida Api atau Tetrahedron. Rantai reaksi kimia adalah peristiwa di mana ketiga elemen yang ada saling bereaksi secara kimiawi, sehingga yang dihasilkan bukan hanya pijar, tetapi berupa nyala api atau peristiwa pembakaran.


CH4 + O2 + (x)panas ---> H2O + CO2 +(y)panas


Gunung berapi di dasar laut jumlahnya lebih banyak dan lebih aktif dibandingkan gunung berapi di atas daratan. Alhamdulillah-nya gunung-gunung berapi tersebut berada di bawah laut. Bayangkan jika gunung berapi tersebut berada di atas daratan, mungkin satu menit atau bahkan satu detik pasti ada letusan gunung berapi. Sebelum manusia menemukan fakta ini dan belum menemukan teknologi yang canggih untuk observasi bawah laut. Allah telah lama menjelaskan hal ini dalam Al-Qur'an.

Sudah Tertulis di Dalam Al-Qur'an

Sebenarnya fenomena ini telah tertulis di dalam Al-Qur'an sejak 14 abad yang lalu. Dalam surah At-Tur [52] ayat 6:

وَٱلۡبَحۡرِ ٱلۡمَسۡجُورِ

"dan laut yang di dalam dasarnya ada api."

Apabila kita berpikir secara logika, tentu itu tidak masuk akal. Api bila kita siram dengan air pasti akan mati. Tapi, mengapa api di dalam laut yang sejatinya terdapat air yang sangat banyak, tidak bisa memadamkan api tersebut? Fenomena ini secara ilmiah memang telah mendapatkan jawaban mengapa hal tersebut dapat terjadi. Namun, semua itu telah tertulis di dalam Al-Qur'an, yang seiring berkembangnya zaman dan teknologi, banyak ayat Al-Qur'an yang telah terbukti kebenarannya, salah satunya adalah tentang misteri dasar lautan.

والله أعلم

30
209
Kentang si Ubi Belanda

Kentang si Ubi Belanda

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbUn5LdO_ouUhICX0pUG2VVWqM959FBLyr5noCP=s96-c
Adissya Maulidina Cahyani
8 months ago
Dia Ditatap Cermin (Cerpen)

Dia Ditatap Cermin (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
8 months ago
Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Mikul Dhuwur Mendhem Jero

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 month ago
Air dalam Kehidupan Makhluk Hidup

Air dalam Kehidupan Makhluk Hidup

1694832338.png
M. Robibbb
7 months ago
Masalah yang tidak teratasi

Masalah yang tidak teratasi

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
9 months ago