whoitszah 6 months ago
zahra0302 #budaya

Budaya Indonesia

Bicara tentang budaya Indonesia, yuk simak!

Kata budaya berasal dari dua bahasa, yaitu bahasa Sansekerta yang berarti buddhayah dan merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang bermakna budi atau akal. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dari kata culture yang biasa kita sebut sebagai kultur yang diambil dari bahasa Latin yaitu colere yang memiliki arti mengolah atau mengerjakan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa budaya berkaitan dengan budi dan akal manusia dan merupakan pola atau cara hidup yang berkembang oleh sekelompok orang, kemudian diturunkan pada generasi selanjutnya.

“Hai! Kamu berasal dari mana?”, itu adalah salah satu makna bahwa Indonesia mempunyai budaya yang amat beragam. Kata budaya pasti kerap hadir di kehidupan sehari-hari sampai dengan pelajaran. Sebagai masyarakat yang hidup dalam keanekaragaman budaya seperti di Indonesia, kita pasti harus mengetahuinya lebih dalam berbagai budaya itu sebagai tanda cinta kita kepada budaya nusantara.

Budaya mempunyai unsur tersendiri yang terdiri atas unsur bahasa seperti di Jawa Barat: bahasa sunda, religi: Anto adalah orang muslim, sistem pengetahuan yang beragam, kemasyarakatan, peralatan hidup dan teknologi, mata pencaharian, dan kesenian.


Berikut ini adalah 3 contoh dalam beragamnya budaya Indonesia:

1. Batik: Daerah Jawa 2. Jawa Timur dan D.I Yogyakarta 3. Sate: Ponorogo, Jawa Timur
7
118
Perang Dunia Kedua

Perang Dunia Kedua

1707266435.jpeg
✯♥ᛋᛋ𝔄v𝖎𝖓𝔬ᛋᛋ♥✯
7 months ago
Aplikasi Fisika Terapan dalam Moment Idul Adha

Aplikasi Fisika Terapan dalam Moment Idul Adha

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Keterkaitan Semua Hal

Keterkaitan Semua Hal

defaultuser.png
Adila
9 months ago
Ubi Jalar pengganti Beras

Ubi Jalar pengganti Beras

1691587270.jpg
Andreans
8 months ago
Para Pendekar Dimensi (Permulaan)

Para Pendekar Dimensi (Permulaan)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 year ago