Arjunas 3 months ago
05 : 30 #budaya

DARI KULI BANGUNAN MENJADI PENGUSAHA SUKSES

.....

Dari Kuli Bangunan Hingga Pengusaha Sukses

Bob Sadino adalah salah satu pengusaha sukses asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Namun, sebelum mencapai kesuksesan, Bob Sadino mengalami berbagai macam tantangan dan rintangan yang menguji mental dan kemampuannya.

Bob Sadino lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjung Karang, Lampung, dari keluarga yang berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ketika orang tuanya meninggal, Bob yang berusia 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya. Ia kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia dan menetap di Belanda selama sembilan tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lloyd dan menikah dengan Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967, Bob dan keluarganya kembali ke Indonesia. Ia membawa dua mobil Mercedes yang ia miliki. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Ia juga bekerja di PT Unilever Indonesia, tetapi ia memutuskan untuk keluar karena ingin bekerja secara mandiri. Ia mulai menyewakan mobil Mercedesnya dan menjadi sopirnya sendiri. Namun, usahanya gagal ketika mobilnya mengalami kecelakaan dan rusak parah. Ia tidak punya uang untuk memperbaikinya.

Bob tidak menyerah. Ia mencari pekerjaan lain dan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp 100. Ia merasa depresi dengan keadaannya yang jauh berbeda dari masa lalunya. Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob untuk memelihara ayam negeri dan menjual telurnya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Pada saat itu, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu di daerah Kemang. Ia juga memanfaatkan kemampuannya berbahasa Inggris untuk menjual telurnya kepada ekspatriat yang tinggal di sana.

Seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan menjual daging ayam. Ia juga memperkenalkan sistem hidroponik untuk bercocok tanam sayur. Pada tahun 1970, ia mendirikan supermarket Kem Chicks yang menjual berbagai produk pangan impor. Ia juga mendirikan PT Kemfood yang memproduksi sosis dan ham, serta PT Kem Farm yang mengelola kebun sayur.

Bob Sadino meninggal pada 19 Januari 2015 di usia 81 tahun. Ia meninggalkan warisan berupa bisnis yang sukses dan inspirasi bagi banyak orang. Dari kisah hidupnya

"Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang anda punya, Anda adalah bosnya”


Selesai


11
97
Sejarah Keraton di Cirebon

Sejarah Keraton di Cirebon

1706491159.jpeg
sunshine
9 months ago

Membedakan sayur dan buah

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
1 month ago
Apa itu Teknologi Blockchain?

Apa itu Teknologi Blockchain?

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
11 months ago
Matematika: Nyata & Bahasa Universal

Matematika: Nyata & Bahasa Universal

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago