corry aflah shinta 2 weeks ago
cymophile #budaya

Emas Tetap Emas, Sekalipun Dalam Lumpur

Tenggelamnya Emas di Lumpur

Negara yang menjadi negara dengan kepulauan terbesar di dunia tercatat per November 2022, memiliki 11.622 warisan budaya yang dicatat dan 1.728 di antaranya telah ditetapkan. Seperti yang kita tahu, bahwasannya negara kita sangat amat kaya akan budaya nya, dikarenakan keanekaragaman ras menjadi salah satunya sebab adanya budaya baru, karena masyarakat Indonesia sendiri adalah manusia yang multikultural yang hidup di satu wilayah.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu, negara pasti mengalami modernisasi dan adanya globalisasi dengan masuknya pengaruh dari luar negeri menjadi faktor akan punah nya kaya budaya yang dimiliki Indonesia, juga akan kurangnya apresiasi dan pemahaman terhadap keberagaman budaya Indonesia.

Seperti budaya wayang kulit yang dianggap hampir punah. Wayang kulit adalah sebuah pertunjukan drama tradisionil yang populer di Indonesia, dengan lakon wayang menggunakan cerita yang diambil dari epik yang asalnya dari India, Mahabarata dan Ramayana yang alur cerita nya sudah diubah oleh orang jawa dahulu. 

Bukan hanya pengakuan domestik dan meskipun wayang kulit sudah terdaftar dalam  UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. Wayang kulit saat ini sudah jarang ditampilkan lagi karena kurang nya peminat yang menontonnya, disini lain juga, wayang kulit di mata global sudah diakui menjadi ikon budaya yang mendunia dengan menjadi pintu gerbang mengetahui keanekaragaman budaya Indonesia.

“Emas tetaplah emas, sekalipun dalam lumpur” itu lah kata yang cocok untuk budaya di Indonesia, negara dengan limpah nya budaya menjadikan kita memiliki tantangan dalam era globalisasi, era tersebut menjadi seperti dua mata pisau. Yang seharusnya kita memperkenalkan budaya yang limpah ke mata dunia, atau hanya menerima budaya dari luar dan melupakan budaya sendiri, tapi itulah hal yang sangat tidak boleh terjadi.

Dengan merawat budaya dan terus melestarikannya, kita bagaikan seperti merawat emas untuk generasi kita kedepannya. Mari terus jaga, rawat, lestarikan, dan kenalkan kepada dunia akan budaya Indonesia yang sangat beranekaragam keindahannya.


Cantika, Dhea Asthesia. "10 Warisan Budaya Indonesia yang Terancam Punah, Yuk Lestarikan!" Diakses pada 18 Apr 2024. https://travel.okezone.com/read/2022/06/29/406/2620322/10-warisan-budaya-indonesia-yang-terancam-punah-yuk-lestarikan

"Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Budaya? Inilah Jawabannya" Diakses pada 18 Apr 2024. https://kumparan.com/ragam-info/mengapa-indonesia-memiliki-keanekaragaman-budaya-inilah-jawabannya-21b8puwMtVo

Purbaya, Gemma Fitri. " 5 Tradisi Unik Indonesia Yang Belum Banyak Diketahui Orang" Diakses pada 18 Apr 2024. https://validnews.id/kultura/5-tradisi-unik-indonesia-yang-belum-banyak-diketahui-orang

Malam Selawe

Malam Selawe

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
8 months ago
Perjalanan Mata, Hari, dan Hati

Perjalanan Mata, Hari, dan Hati

1714290832.png
Azhnrkhlf
8 months ago
Mimosa Pudica

Mimosa Pudica

defaultuser.png
Sasa am
8 months ago
Persahabatan Dua Saudara

Persahabatan Dua Saudara

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
3 months ago
Sedekah Laut

Sedekah Laut

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
1 year ago