EMD G26MC-2U
Salah satu lokomotif besar di Pulau Sumatera
2025-03-20 06:53:27 - ジャティネガラ
Lokomotif CC202 adalah lokomotif listrik diesel yang diproduksi oleh General Motors Electro-Motive Division, dan dibangun di Ontario, Kanada. Lokomotif ini memiliki kode model G26MC-2U. Seluruh lokomotif CC202 di Indonesia dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia dan ditempatkan di Dipo Lokomotif Tarahan.
Lokomotif CC202 memiliki berat 108 ton (106 ton panjang; 119 ton pendek). Lokomotif ini memiliki susunan gandar Co'Co', yang berarti memiliki dua bogie di mana setiap bogie memiliki tiga gandar penggerak. Bogie yang digunakan adalah jenis traksi tinggi tipe C.
Lokomotif ini menggunakan mesin penggerak utama EMD seri 645, tipe EMD 16-645E dengan Roots blower/Supercharger. Mesin ini memiliki tenaga sebesar 1.680 kW (2.250 hp).
Secara visual, desain lokomotif CC205 sangat mirip dengan lokomotif CC202.
Penggunaan dalam Indonesia
Untuk pasar Indonesia, 48 unit lokomotif ini dibangun. Menurut Gapeka 2023, lokomotif ini terutama digunakan untuk melayani jalur kereta api Baratarahan (lebih dikenal dengan nama Babaranjang), dan berbagai kereta api batu bara swasta di bagian selatan pulau Sumatera. Sementara itu, CC202 kini secara rutin melayani kereta api Semen Baturaja dan kereta api bubur kertas Nitahan. Kadang-kadang, CC202 juga melayani kereta api BBM Pertamina dan kereta api penumpang.
Mulai 1 Desember 2019, seluruh unit CC202 ditempatkan di Dipo Lokomotif Tarahan, Bandar Lampung.
Bagian mesin
Mesin penggerak utama yang digunakan oleh CC202 adalah seri EMD 645 dengan tipe 16-645E. Mesin ini memiliki 16 silinder yang dilengkapi dengan supercharger atau disebut juga Roots blower. Lokomotif ini merupakan satu-satunya lokomotif yang menggunakan mesin V16 di Indonesia.
Mesin seri EMD 645E terkenal sebagai salah satu mesin yang paling handal yang pernah dibuat oleh EMD. Mesin ini diproduksi dari tahun 1965-1983, kemudian diproduksi secara terbatas berdasarkan permintaan pelanggan hingga tahun 2011. Oleh karena itu, mesin 16-645E telah menjadi penggerak utama terlaris EMD sejak diluncurkannya lokomotif EMD SD40, yang menggunakan mesin EMD 16-645E3 turbocharged, pada tahun 1996. EMD sebelumnya telah membangun lokomotif demonstrator SD40 berdasarkan EMDX 434 pada bulan Juli 1964 untuk menguji mesin 16-645E3. Pada tahun 2009, lokomotif EMD 434 berada di Museum Kereta Api Monticello, sebagai Illinois Central 6071.
Keandalan mesin EMD seri 645E dibuktikan dengan fakta bahwa dua unit CC202 masih menggerakkan rel kereta api Babaranjang dengan panjang 48 gerbong dengan kecepatan maksimum 70 km/jam (19 m/s).
Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf ya.