Fakta Unik Kerajaan Mataram

Simak fakta-fakta unik dari Kerajaan Mataram!

Kerajaan Mataram merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang berada di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1586, yang didirikan oleh Raja Sanjaya.

Fakta-fakta unik dari Kerajaan Mataram

1. Peninggalannya yang dikenal dunia.

Berlatar belakang agama Hindu, Kerajaan Mataram membangun Candi Prambanan atau yang kerap disebut sebagai Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di pulau Jawa sekaligus di Indonesia. Ia terletak di sebelah timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Arsitekturnya yang unik dan megah membuat candi ini sering menjadi destinasi wajib para wisatawan.

Sedangkan dari sudut sisi agama Buddha, Kerajaan Mataram membangun Candi Borobudur. Candi ini juga merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Mulai dari tempatnya yang strategis, sejarahnya yang unik, stupa-stupanya yang khas,serta arsitekturnya yang indah, tak jarang candi ini menjadi pusat perhatian dunia dan menarik para wisatawan manca negara. Dan masih banyak lagi peninggalan-peninggalan lainnya.

2. Sang pendiri Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataran kuno pertama kali didirikan oleh Raja Sanjaya. Raja Sanjaya bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Disebut sebagai ratu karena setelah ditelusuri menggunakan naskah Carita Parahyangan, terungkap bahwa gelar Sang Ratu yang ia sandang tersebut karena ia mewarisi dan menjabat sebagai raja di tiga kerajaan yaitu Sunda, Galuh, dan Medang. Ia dikenal sebagai raja yang bijaksana, cakap, serta taat dalam beribadah. Selama masa kepemimpinannya Kerajaan Mataram Kuno mampu melakukan perluasan wilayah dan menjadi pusat pembelajaran agama Hindu.

3. Asal usul nama "Mataram"

Nama "Mataram" berasal dari kata Sansekerta "Mata" yang berarti "mata air" dan "Aram" yang berarti "sucinya". Jadi, Mataram dapat berarti sebagai "mata air suci". Sehingga dengan nama ini menggambarkan pentingnya air sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat di wilayah tersebut.

#STEAMproject semoga bermanfaat^^

11
195
Beni and Hard Work

Beni and Hard Work

1691587270.jpg
Andreans
5 months ago
Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Resensi Buku Fiksi "The Turn Of The Key"

Resensi Buku Fiksi "The Turn Of The Key"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago

Cerita Narasi: Antara Aku, Alzi, dan Daka

Sebuah cerita fantasi karya Muhammad Rafli Ghazali yang mengandung amanat janganlah menjad...

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago
Ring Of Fire (Cincin Api)

Ring Of Fire (Cincin Api)

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxaiiBgLESm-Wu6LQjlcqZrPUiXq5rRQxXXfhnuz=s96-c
Garit Ahsanut Taqwim
5 days ago