Ainun 6 months ago
frieren #bahasa

Gadget atau Gawai

'Siapa tau tidak ada yang tau'

Pasti sangat tidak asing bagi kita mendengar kata gawai dan mungkin sebagian orang menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari hari, kecuali bagi anak asrama yang dibatasi penggunaannya tapi dari situ juga kita merasakan pengaruh baiknya bagi diri kita.

Gadget (English) atau gawai (Indonesia) memiliki arti sebagai perangkat elektronik dalam ukuran kecil yang memiliki fungsi khusus dan terus mengalami perubahan. Gadget ini memiliki unsur kebaruan, artinya terus berubah mengikuti perkembangan teknologi. Sebagai contoh, ponsel kamu. Fitur hp selalu update dengan teknologi yang selalu baru. Tapi yang namanya kebaruan, enggak cuman kita temukan di Hp saja, kita bisa temukan di laptop, komputer, kamera dan lainnya pasti mengalami kebaruan. Itulah kenapa tidak cuma hp saja yang masuk dalam kelompok gadget.

Apa Fungsinya?

Tidak hanya untuk mempermudah kehidupan saja, gawai ini juga memiliki berbagai fungsi, yakni:

1. Sarana Komunikasi

Fungsi gawai yang paling terasa sudah pasti membantu komunikasi. Perkembangan gawai yang terus-menerus memudahkan cara komunikasi setiap orang yang lebih dekat. Dulu kamu cuma bisa telepon atau SMS. Sekarang, kamu bisa ketemu orang lain lewat video call, live streaming dll. Inilah fungsi yang sangat terasa.

2. Mengakses Informasi

Laptop, HP, modem, atau apa pun gawai yang kamu punya, pada prinsipnya bisa kamu pakai untuk mengakses informasi. Jadi enggak cuma komunikasi, akses informasi ini juga terasa banget manfaatkan untuk manusia. Walaupun seiring itu perlu kamu imbangi dengan cerdas dalam menyaring dan menyebarkan informasi.

3. Menambah Wawasan

Fungsi gadget ini juga sangat membantu kamu menambah wawasan. Belajar apa saja jadi lebih gampang via gawai. Enggak lagi pakai alat manual seperti buku atau harus datang ke suatu tempat. Kamu bisa menambah wawasan ilmu cukup dari gawai yang kamu punya, hanya dari genggaman.

4. Platform Hiburan

Gadget menjadi media platform hiburan yang disenangi orang. Kenapa orang membeli laptop dengan harga yang mahal? Alasannya karena hiburan. Beli HP dengan RAM yang tinggi, juga alasannya untuk hiburan. Nonton apa saja lebih mudah dari HP atau laptop. Bahkan jalan-jalan pun kini sudah banyak ditawarkan secara virtual.

Maka dari itu, kita perlu menggunakan gadget sebaik baiknya agar dampak negatif tidak sampai terjadi pada diri kita!!

sumber :

Tanpa Nama Penulis. 2022. "Pengertian Gadget Adalah? Definisi, Fungsi, dan Contohnya". Telkomsel, 27 Juli 2022, diakses pada 17 Oktober 2023. <https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/pengertian-gadget-adalah-definisi-fungsi-dan-contohnya>.

26
111
Catur

Catur

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
6 months ago
Apa yang terjadi jika astronot meninggal di luar angkasa?

Apa yang terjadi jika astronot meninggal di luar angkasa?

1708678186.jpeg
Salisa Najwa
6 months ago
Helium Works Against Gravity

Helium Works Against Gravity

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
8 months ago
Para Raja Mataram Kuno Pembangun Candi Megah

Para Raja Mataram Kuno Pembangun Candi Megah

defaultuser.png
almatheaaa
3 months ago
Manfaat Puasa

Manfaat Puasa

1706491159.jpeg
sunshine
8 months ago