Hulett Unloader

salah satu mesin jadul yang ada di amrik

2024-10-01 12:55:00 - artículo Han

Hulett adalah kapal bongkar muat bijih yang banyak digunakan di Great Lakes di Amerika Utara. Kapal ini tidak cocok untuk pelabuhan air pasang karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan pasang surut air laut, meskipun pernah digunakan di New York City.

Sejarahnya Hulett

Hulett ditemukan oleh George Hulett dari Conneaut, Ohio, pada akhir abad ke-19. Ia menerima paten untuk penemuannya pada tahun 1898. Mesin pertama yang berfungsi dibangun pada tahun berikutnya di Pelabuhan Conneaut. Mesin ini bertenaga uap, sukses, dan banyak lagi yang dibangun di sepanjang Great Lakes, terutama di pesisir selatan Danau Erie untuk membongkar muatan kapal yang penuh dengan taconite dari tambang besi di dekat Danau Superior. John W. Ahlberg mengubah Huletts di Conneaut menjadi listrik pada tahun 1920-an. Perbaikan substansial kemudian dilakukan pada desain oleh Samuel T. Wellman.


Mesin Hulett merevolusi pengiriman bijih besi di Great Lakes. Metode bongkar muat kapal pengangkut di danau sebelumnya, yang melibatkan kerekan dan ember serta banyak tenaga kerja tangan, menghabiskan biaya sekitar 18 ¢/ton. Bongkar muat dengan Hulett hanya membutuhkan biaya 6 ¢/ton. (dalam dolar tahun 1901). Bongkar muat hanya membutuhkan waktu 5-10 jam, dibandingkan dengan metode sebelumnya yang memakan waktu berhari-hari. Desain kapal danau berubah untuk mengakomodasi bongkar muat Hulett, dan menjadi jauh lebih besar, dengan panjang dua kali lipat dan kapasitas empat kali lipat.


Pada tahun 1913, 54 mesin Hulett beroperasi. Dua di antaranya dibangun di Danau Superior (bongkar muat batu bara) dan lima di Gary, Indiana. Namun, sebagian besar berada di sepanjang tepi Danau Erie. Kapasitas bongkar muat tambahan yang mereka bawa membantu mengizinkan lalu lintas bijih lebih dari dua kali lipat pada periode 1900-1912. Total ada sekitar 75 Huletts yang dibangun, salah satunya dipasang di New York City untuk membongkar sampah.


Huletts di danau ini digunakan hingga sekitar tahun 1992, ketika kapal bongkar muat menjadi standar di sisi danau Amerika. Pada tahun 1999, hanya enam yang tersisa, yaitu empat buah di Whiskey Island di Cleveland, yang tertua. Satu set lainnya digunakan untuk membongkar muatan tongkang batu bara di Chicago Selatan hingga tahun 2002 dan dihancurkan pada musim semi 2010.


Meskipun mesin-mesin Cleveland masuk dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional dan ditetapkan sebagai Landmark Teknik Mesin Bersejarah, mesin-mesin tersebut dihancurkan pada tahun 2000 oleh Otoritas Pelabuhan Cleveland-Cuyahoga County untuk memungkinkan pengembangan lahan di bawahnya. Otoritas Pelabuhan membongkar dan menyimpan dua Huletts, untuk memungkinkan rekonstruksi mereka di lokasi lain, tetapi rekonstruksi tersebut belum terjadi. Pada Maret 2024, Otoritas Pelabuhan awalnya memilih kontraktor pembongkaran yang berniat untuk merakit kembali satu kapal bongkar muat di Kanton terdekat,[3] tetapi mereka memilih kontraktor lain di akhir bulan itu, yang berharap untuk menyelamatkan lengan dan ember.

Pengoprasian

Bongkar muat Hulett bertenaga listrik berjalan di dua jalur paralel di sepanjang dermaga, satu di dekat tepi dan satu lagi di belakang, biasanya dengan empat jalur kereta api di antaranya. Menara baja, yang ditumpangi truk beroda, menopang gelagar yang membentang di atas rel kereta api.

Di sepanjang gelagar ini terdapat gerbong yang dapat bergerak ke arah atau menjauhi permukaan dermaga. Gerbong ini kemudian membawa balok berjalan besar yang dapat dinaikkan atau diturunkan; di ujung dermaga terdapat kolom vertikal dengan ember besar di ujungnya. Balok paralel dipasang di tengah-tengah kolom ini untuk menjaga agar kolom tetap vertikal saat dinaikkan atau diturunkan. Operator alat berat, yang ditempatkan di balok vertikal di atas bucket untuk jarak pandang kargo yang maksimal, dapat memutar balok tersebut pada sudut mana pun. Bucket scoop diturunkan ke dalam palka kapal, ditutup untuk menampung sejumlah (sekitar 10 ton) bijih, diangkat, dan digerakkan kembali ke arah dermaga. Para pekerja yang mengoperasikan pengunggah Hulett dikenal sebagai Ore Hogs.


Untuk mengurangi gerakan yang diperlukan kereta, sebuah gerbong penerima yang bergerak berjalan di antara balok-balok utama. Gerbong tersebut dipindahkan ke depan untuk ember utama untuk membuang muatannya, dan kemudian dipindahkan kembali untuk membuangnya ke gerbong kereta api yang sedang menunggu, atau ke rangka kantilever di bagian belakang untuk membuang muatan ke tempat penimbunan.


Hulett dapat bergerak di sepanjang dermaga untuk menyelaraskan diri dengan palka di kapal bijih. Ketika palka hampir kosong, Hulett tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Para pekerja memasuki palka dan menyekop bijih yang tersisa ke dalam ember Hulett. Pada perkembangan selanjutnya, sebuah ekskavator beroda dirantai ke bucket Hulett dan diturunkan ke dalam palka untuk mengisi Hulett.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, ya.

More Posts