corry aflah shinta 6 months ago
cymophile #islamic

Karena Agama Adalah Nasihat

Agama, menjadi tatanan untuk mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan-Nya. Bukan hanya manusia dengan Tuhan-Nya, tapi juga kepada manusia dengan manusia lainnya. Dengan tujuan menyelamatkan makhluk yang paling sempurna, manusia. Entah itu manusia itu sendiri (individu) maupun berkelompok agar tidak terjatuh di lubang kesesatan, keburukan dan kerugian. Karena agama berfungsi sebagai jalan menuju ketenangan, kedamaian, keselamatan dan kemaslahatan ketika manusia di dunia maupun di akhirat. 

Kita ketahui, dalam ajaran islam, tidak ada satupun perintah bahkan larangan yang memiliki tujuan agar kerusakan di bumi tercipta dan entah itu kesengsaraan di akhirat kelak. Dan agar selalu menjadi hamba Allah yang selalu di jalanNya, tentu perlu mendapatkan nasihat-nasihat. 


Hadist Agama Adalah Nasihat

عن ابى رقية تميم بن اوس الدارى رضى الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال- الدين النصيحة قلنا- لمن يارسول الله ؟ قال: لله ولكتابه ولرسوله ولائمة المسلمين وعامتهم (رواه مسلم)


Artinya: Dari Abu Ruqayyah yakni Tamim bin Aus Ad Daari ra, sesungguhnya Nabi saw bersabda: Agama itu adalah nasihat. Kami (para shahabat) bertanya: Untuk siapa (Ya Rasulullah) beliau menjawab; Bagi Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya serta pemimpin-pemimpin ummat Islam dan juga bagi orang Islam umumnya.(HR. Muslim).


Dalam KBBI, nasihat adalah ajaran atau pelajaran baik; anjuran (petunjuk, peringatan, dan teguran) yang baik. Nasihat juga berarti ibarat yang terkandung dalam suatu cerita dan sebagainya; atau moral.

Menurut salah satu ulama, dikatakannya bahwa hadits ini menjadi empat dari poros utama islam. Empat hal tersebut yaitu nasihat untuk Allah (dengan tidak menyekutukan-nya, dan meninggalkan semua larangan-Nya), nasihat untuk Rasul (mengikuti perintahnya, mencintai dengan membenarkan apa yang dibawanya), nasihat untuk pemimpin-pemimpin muslim dan yang ke empat nasihat untuk umat Islam (tidak menyakiti satu sama lain, mengajarkan apa yang mereka tidak tahu dengan mengajak nya ke jalan yang benar untuk kemaslahatan di dunia maupun akhirat).


Sumber:

Al-Barony, M Ngisom. 2023. “Agama Adalah Nasihat.” NU Online, 29 Maret 2023. Dilihat pada 24 Oktober 2023. <https://jateng.nu.or.id/keislaman/agama-adalah-nasihat-FIrFz>.

Rasyid, Raihana. 2023. “Kita Butuh Nasihat.” Gurusiana, 23 Maret 2019. Diakses pada 24 Oktober 2023. <https://www.gurusiana.id/read/raihanarasyid/article/kita-butuh-nasihat-3673232#:~:text=Nasihat%20berfungsi%20sebagai%20pengendali%20diri,Setiap%20orang%20sejatinya%20butuh%20nasihat>.

Setiawan, Ebta. 2023. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” Arti Kata Nasihat - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Accessed October 24. <https://kbbi.web.id/nasihat>.

User, Super. 2023. “Agama Adalah Nasihat: Drs. H. Taufikurrahman, M.Ag.” Agama Adalah Nasihat | Drs. H. Taufikurrahman, M.Ag., 9 April 2022. dilihat pada 24 Oktober 2023. <https://pa-samarinda.go.id/publikasi-publikasi/arsip-artikel/725-agama-adalah-nasihat-drs-h-taufikurrahman-m-ag>.

16
184

Narasi dan Eksplanasi Mengenai Data Sayur dan buah

1701266412.jpg
Tyaga
1 month ago
Forensik Menggunakan DNA

Forensik Menggunakan DNA

1707117993.jpeg
Hafizh
7 months ago

Cerita Narasi: Sihir Mengubah Segalanya

Sebuah cerita fantasi karya Aviva Octavia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago
Anekdot: Badiri Si Brilliant

Anekdot: Badiri Si Brilliant

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
6 months ago
Sejarah Peradaban Islam

Sejarah Peradaban Islam

1706572334.jpg
Indira Vania Zalfaruna
8 months ago