ALE-ALE 8 months ago
ale ngemis like #islamic

Kisah Nuaiman, Sahabat Rasululah SAW yang Ingin Menjual Temannya Sendiri

Inilah kisah Nuaiman yang ingin menjual temannya sendiri yang membuat Rasulullah saw. tertawa.

Halo teman-teman! kali ini saya akan menceritakan kisah sahabat Rasulullah SAW yang selalu membuat hamba tertawa hingga gigi geraham nya terlihat, yaitu Nuaiman.

Ini adalah cerita nuaiman yang ingin menjual temannya sendiri.

Simaklah cerita jika ingin tahu lebih dalam.

Nuaiman yang Menjual Temannya

Kisah Nuaiman sahabat Rasulullah SAW kali ini disampaikan oleh Ibnu Majah. Pada suatu hari, Abu Bakar Ash-Shiddiq mengajak Nuaiman dengan sahabat lainnya untuk berdagang.

Ketiga sahabat tersebut pergi ke daerah dengan peradaban maju saat itu bernama Syam.

Pada suatu ketika Suwaibith dikasih tugas untuk menjaga makanan. Namun, Nuaiman sangat lapar, ia pun mendatangi Suwaibith dan meminta satu potong roti.

Suwaibith yang amanah dengan pesan yang disuruh menjaga makanannya Suwaibith pun menolak permintaan Nuaiman .Lalu Nuaiman berkata, "Jika begitu, berarti kamu juga setuju jika saya berulah."

Setelah memperoleh penolakan tersebut, Nuaiman pun berjalan ke pasar dan mencari wilayah yang menjual hamba sahaya. Kemudian Nuaiman pun mengatakan bahwa ia memiliki hamba sahaya yang murah dan ingin menjualnya.

Namun, Nuaiman juga menyampaikan bahwa hamba sahaya itu terus mengaku bahwa dirinya merdeka, bukanlah hamba sahaya. Orang-orang pun akhirnya tertarik dan menerima tawaran tersebut dan mengikuti Nuaiman.

Kemudian Nuaiman menunjuk Suwaibith dan mengatakan, "Orang yang sedang menjaga makanan itulah hamba sahaya saya". Orang itu pun memberi uang kepada Nuaiman dan ingin membawa Suwaibith.

Suwaibith pun mengatakan bahwa dirinya merdeka dan bukan merupakan hamba sahaya. Namun karena Nuaiman tadi sudah menjelaskan, maka perkataan Suwaibith hanya dianggap bualan dan orang yang membeli pun mulai membawanya.

Ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq kembali, ia mencari Suwaibith yang tiba-tiba tidak ada disana. Nuaiman pun berkata dia sudah menjual Suwaibith ke orang-orang syam itu. Abu Bakar pun menebus Suwaibith dari orang-orang Syam itu.

Kisah ini didengar sama Rasulullah saw. dan membuatnya tertawa. Gak cuman itu, bahkan kisah Nuaiman sahabat nabi ini terus diceritakan ulang oleh nabi kepada para tamu-tamunya meski kejadian itu sudah satu tahun berlalu loh.


Mungkin orang-orang yang suka membaca buku tentang kisah nabi, mungkin cerita Nuaiman ini sudah tidak asing di telinga. Tetapi ada juga yang tidak tahu cerita ini karena hanya sedikit ilmu tentang kisah nabi


24
200
Metabolisme Puasa, Berubah atau Sama?

Metabolisme Puasa, Berubah atau Sama?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxY_-GwmwmulI3_C36t7KFnOYdKYOkWt-qZQnObB=s96-c
Nagita Puspa
7 months ago
Batu Pemberat

Batu Pemberat

defaultuser.png
Adila
5 months ago
Tumbuhkan Rasa Cintamu Untuk Negerimu

Tumbuhkan Rasa Cintamu Untuk Negerimu

1706083093.jpeg
Ainun
2 days ago
Mengapa Hewan Tidak Memiliki Dinding Sel?

Mengapa Hewan Tidak Memiliki Dinding Sel?

1706535478.jpg
~fi
8 months ago
Gurita Hewan Terpintar

Gurita Hewan Terpintar

defaultuser.png
almatheaaa
8 months ago