Chel 1 month ago
Lois Miracle #sains

Klasifikasi AI: Buah & Sayur

Tugas STEAM

Ini adalah penjelasan dari data yang sudah saya kumpulkan saya tentang AI mengenai buah dan sayur. Klasifikasi adalah pengelompokan sesuatu dengan proses membedakan dalam kelompok yang berbeda. 


  Saya mencoba memasukkan X-Axis ke dalam kelompok Juiciness (kesegaran) dan di Y-Axis ke dalam kelompok Hardness (kekerasan). Hasilnya persentasenya menunjukkan Sayuran 92% dan Buah 92%, mereka berdua memiliki persentase yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa buah ketika memiliki tekstur yang keras itu menunjukkan bahwa buah tersebut masih segar, contohnya apel. 


  Percobaan ke-2, X-Axis dimasukkan ke dalam kelompok Juiciness (kesegaran) dan di Y-Axis Can Smell It (aroma). Hasil persentasenya menunjukkan Sayuran 83% dan Buah 92%, hasilnya buah memiliki persentase lebih tinggi. Hal ini menunjukkan ketika buah memiliki aromanya segar dan manis artinya buah itu memiliki rasa yang enak, contohnya adalah mangga dan jeruk. Aroma sayuran juga menandakan ada enggaknya jamur yang menempel, jika ada jamur akan terjadi pembusukan. 


  Percobaan ke-3, X-Axis dimasukkan ke dalam kelompok Sourness (keasaman) dan Sweetness (kemanisan). Hasilnya menunjukkan persentase Sayuran 92% dan Buah 92%, hasilnya mereka berdua memiliki persentase yang sama. Hasilnya ini menunjukkan ketika buah dan sayur memiliki rasa yang manis artinya buah dan sayur itu masih segar dan memiliki kualitas yang bagus. Sedangkan saat sayur dan buah memiliki rasa yang asam artinya tidak segar lagi dan kualitasnya sudah menurun. Contoh sayur yang memiliki rasa manis adalah wortel, kentang, dan jagung. Sayur memiliki rasa asam bisa jadi karena dimasak menjadi sayur asem. Dan juga ketika rasa sayur asam akan memicu terjadinya asam lambung karena memiliki pH yang rendah. 


  Percobaan ke-4, X-Axis dimasukkan ke dalam kelompok Easy to Eat (mudah dimakan) dan Hardness (kekerasan). Hasil persentasenya menunjukkan Sayuran 83% dan Buah 83%, dan mereka memiliki hasil yang sama. Contohnya buah durian, ketika masih muda atau keras kulitnya dia akan susah untuk dibuka kulitnya dan rasanya masih hambar dan keras, ketika sudah matang dia akan mudah untuk dibuka dan memiliki rasa yang nikmat. Contoh sayuran yaitu jagung, saat jagung belum direbus akan terasa keras dan sulit digigit. Setelah di rebus dia akan melunak dan bisa disajikan di berbagai hidangan.


 Terakhir, X-Axis dimasukkan ke dalam kelompok Green-ness (kehijauan) dan Sweetness (kemanisan). Hasil persentasenya menunjukkan Sayuran 92% dan Buah 92%, dan lagi-lagi mereka memiliki hasil yang sama. Kebanyakan buah saat masih hijau artinya belum matang dan memiliki rasa yang hambar atau asam. Contohnya buah jeruk, rata-rata jeruk yang masih hijau atau belum matang akan memiliki rasa yang asam, dan ketika sudah matang akan memiliki warna oranye dan rasa yang manis, walaupun terkadang ada beberapa jenis jeruk yang memiliki rasa asam. Contoh sayuran adalah selada, selada yang segar akan memiliki warna hijau dan rasanya seperti ada manis-manisnya. 


Dan itulah hasil data yang sudah saya kumpulkan. 



10
46
Tas Temuan Joko

Tas Temuan Joko

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdxpb1bzzGD_VDemj50b46gzPHGbHcl34hctI-af4zOQZ8=s96-c
Andini Aliyah Putri Putri
5 months ago
Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

1707117993.jpeg
Hafizh
7 months ago
Apakah Tidur Harus Diperhatikan?

Apakah Tidur Harus Diperhatikan?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbUn5LdO_ouUhICX0pUG2VVWqM959FBLyr5noCP=s96-c
Adissya Maulidina Cahyani
8 months ago
Berkeringat

Berkeringat

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
7 months ago
Raja ketiga kerajaan Mandura

Raja ketiga kerajaan Mandura

1711438823.jpg
Azhnrkhlf
2 months ago