corry aflah shinta 1 month ago
cymophile #bahasa

Si Paling Kesepian di Dunia

Pernahkah kamu merasa kesepian? menyanyi sendirian?

Paus adalah jenis hewan mamalia yang hidup dengan secara berkelompok, dan biasanya hewan ini hidup dengan enam sampai 10 ekor paus mamalia lainnya dan mereka bermigrasi sepanjang tahun untuk mengelilingi samudra. Namun, pernahkah kalian mendengar paus Whalien 52?

Whalien 52 atau Whale 52 adalah mamalia yang dijuluki sebagai hewan paling kesepian di dunia. Julukan tersebut berawal mula dari seorang peneliti biota laut yang bernama William Watkins pada tahun 1989 dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI).

Dimulai dari suara yang misterius di tengah Samudra Pasifik yang setelah terdeteksi oleh William dengan frekuensi 52 Hertz. Yang ternyata, suara misterius ini adalah suara dari paus Whalien dengan frekuensi yang hampir dua kali lipat pada paus umumnya dan suara tersebut berbeda dengan paus lainnya, mereka memiliki frekuensi yang hanya berkisar 12-25 Hertz.

Paus bersuara yang ditandakan sebagai nyanyian, yang di mana berguna untuk mereka berkomunikasi saat bermigrasi. Komunikasi dalam bernyanyi tersebut berupa sistem sonar dengan sedikit bernada atau berupa gelombang infrasonik. 

Karena berbeda dengan paus pada umumnya, nyanyian paus Whalien ini tidak bisa didengar atau diterima oleh paus lainnya dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, suara yang nyanyian Whalien 52 ini bagi paus lainnya seperti suara tanpa makna. Karena itulah paus Whalien 52 dijuluki sebagai paus paling kesepian di dunia atau The Loneliest Whale in The World.

Paus Whalien ini dispekulasikan oleh beberapa peneliti bahwa ia terlahir tuli, dan oleh karena itu ia tidak tahu cara bersuara yang benar dan terdengar oleh jenisnya. Disebutkan juga beberapa teori lainnya, bahwa paus Whalien ini terlahir berasal dari paus biru dan paus sirip.

Begitulah sedikit kisah paus yang dinobatkan sebagai mamalia paling kesepian di dunia, paus Whalien 52. Mamalia ini juga menjadikan inspirasi adanya sebuah film dokumenter The Loneliest Whale.


Ayu, Nimas. "Kisah Whale 52, Paus Paling Kesepian di Dunia" detik.com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7063505/kisah-whale-52-paus-paling-kesepian-di-dunia

Nastiti, Tata Lugas. "Kisah Memilukan Whale 52, Si Mamalia Paus Paling Kesepian di Dunia" grid.id. https://www.grid.id/read/04951533/kisah-memilukan-whale-52-si-mamalia-paus-paling-kesepian-di-dunia?page=all

Annisah, Yunika Putri. "Mari Berkenalan dengan Whalien 52, Paus yang Bernyanyi Sendirian" Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/yunikaputri/62af3bfebb44867495456622/mari-berkenalan-dengan-whalien-52-paus-yang-bernyanyi-sendirian

Sedekah Laut

Sedekah Laut

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
1 year ago
Gunung Berhantu

Gunung Berhantu

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
7 months ago
Unlocking Secrets

Unlocking Secrets

defaultuser.png
Adila
6 months ago
Resensi : Mengamati Pelanggaran Norma Melalui Cerpen Tas Temuan Joko

Resensi : Mengamati Pelanggaran Norma Melalui Cerpen Tas Temuan Joko

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxY_-GwmwmulI3_C36t7KFnOYdKYOkWt-qZQnObB=s96-c
Nagita Puspa
5 months ago
Maafkan Kakak (Cerpen)

Maafkan Kakak (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
6 months ago