Mengapa saya menyukai sejarah?

Tulisan yang berisi opini saya. Galih Adjie Sastrajendra

2024-10-04 04:15:23 - Галих Аджие Састражендра

Selama saya bersekolah di Mega Islamic Boarding School terkadang banyak orang yang menanyakan saya mengapa saya begitu menyukai sejarah terutama sejarah militer. Saya sendiri pernah memberi alasannya mengapa, tapi mungkin itu tidak menjawab pertanyaan itu semua. Maka dari itu, saya akan menulis opini saya bagaimana saya bisa menyukai sejarah, dan mengapa saya sebegitu mencintainya.

Kalau menurut saya, saya sendiri menyukai sejarah sudah sejak lama. Mungkin sejak saya bisa membaca. Karena dulu saya sangat menyukai dinosaurus dan kehidupan manusia purba. Saking saya menyukai hal tersebut, saya membeli banyak hal tentang dinosaurus. Saya juga seorang fans Jurassic Park series hingga saya membeli beberapa merchandise-nya seperti game, kaos, dan lainnya. Jadi, itu adalah tahap awal saya menyukai sejarah. Selain itu, sejak kecil saya lebih banyak bersama Mbah saya karena kedua orang tua saya pada waktu itu sibuk bekerja. Saya diajarkan banyak sekali tentang sejarah Indonesia, Pancasila, lagu wajib nasional, dan lainnya.


Pandemi Covid-19 membuat saya menyukai sejarah lebih dalam, pada saat pandemi kita semua tak bisa beraktivitas di luar rumah, saya sendiri juga bingung apa yang saya akan lakukan. Bermain handphone dan semacamnya terlalu sering membuat saya bosan. Namun, pada suatu hari di saat saya sedang membuka aplikasi Tik Tok, ada satu akun yang membuat saya menyukai sejarah lebih dalam lagi. Akun itu bernama Erwin_Rommel. Saya tidak ingat persisnya seperti apa tulisan yang tepat untuk nama akun tersebut. Namun, sekarang akun tersebut sudah hilang di banned oleh pihak Tik Tok. Video yang saya lihat waktu itu betapa hebatnya divisi lapis baja Jerman pada saat Perang Dunia ke-2 beserta perwiranya yang sangat kompeten dan berpengalaman membuat saya sangat tertarik dengan hal tersebut.


Buku bertema Perang Dunia ke-2 yang pertama kali saya beli berjudul National Geographic Atlas Perang Dunia ke-2 yang terbitkan oleh penerbit KPG. Saya membeli buku itu saat sedang berlibur mengunjungi keluarga saya di Kota Malang. Buku itu saya beli mungkin kisaran harga Rp200.000-an yang kalau di kota saya, yaitu Balikpapan mungkin harganya lebih dari itu.

Faktor lain juga yang membuat saya menyukai sejarah militer adalah Anime Girls Und Panzer. Anime ini bertema tentang olahraga yang menggunakan tank yang dikenal sebagai Panzerfahren atau Shensado. Saya sendiri juga tidak sengaja menonton anime ini namun ini membuat saya semakin tertarik dengan dunia militer. Dalam anime ini, sekolah favorit saya adalah Pravda yang bertema Uni Soviet, Kuromorimine bertema Jerman, Jatkosota yang bertema Finlandia, dan Bellwall yang bertema Jerman Timur dan Barat.

Kita kembali ke pertanyaan awal mengapa saya menyukai sejarah? Dari sejarah kita bisa belajar banyak hal dan mengambil hikmah kisah dari masa lalu. Selain itu pula, hal-hal yang terjadi di masa lalu juga bisa mempengaruhi kehidupan kita di masa sekarang. Sejarah juga membantu kita mengenali identitas, meningkatkan rasa nasionalisme jika kita membaca sejarah Indonesia. Sejarah itu dikatakan unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak akan terulang kembali dengan bentuk yang sama persis. Karena itulah saya menyukai sejarah.

"Jangan sekali - sekali meninggalkan sejarah"

-Ir.Soekarno


Study history, study history. In history lies all the secrets of statecraft.”

-Winston Churchill

More Posts