Nagita Puspa 8 months ago
nagita-puspa #sains

Metabolisme Puasa, Berubah atau Sama?

Tabir jendela pengetahuan, mari melongok bersama!

Keadaan tubuh ketika berpuasa membuat metabolisme berubah, dimana glukosa yang dibutuhkan tidak tercukupi membuat tubuh menggunakan glikogen sebagai sumber energi selanjutnya. Ketika sumber energi tersebut habis tubuh akan beralih memecah lemak dan setelah lemak protein akan menjadi sasaran berikutnya. 

Proses metabolisme tubuh sebelum berpuasa dan ketika puasa berbeda, seperti apa bedanya? Selama tubuh tetap mendapatkan asupan makanan seharian maka glukosa yang akan digunakan sehingga sisa energi disimpan di hati atau otot dalam bentuk glikogen maupun lemak. Namun ketika puasa, terjadi penipisan sumber energi utama, merubah proses metabolisme menggunakan glikogen, lalu lemak dan protein yang dipecah guna memenuhi kebutuhan energi tubuh.  

Rentang waktu untuk terjadi perubahan metabolisme ini adalah 8 jam, tubuh dikatakan puasa setelah 8 jam dan melakukan metabolisme lemak. Dengan kata lain tubuh akan membakar lemak, untuk beberapa orang proses ini menyenangkan karena secara perlahan tubuh mengurangi massanya akan tetapi ketika metabolisme lemak beralih menggunakan protein maka massa otot pun terpengaruh. Letak protein pada otot terpaksa dipecah sehingga terjadi penurunan keadaan otot tubuh.  

Sederhananya tubuh memproses energi-energi yang menimbun, karena glikogen dan lemak masih menjadi beberapa faktor pendorong penyakit tubuh. Bagaimana dengan protein, bukankah pemecahannya berdampak buruk? Kabar baiknya kita tinggal di negara yang waktu puasanya sekitar 13-14 jam jadi untuk sampai pada proses protein tersebut kita telah berbuka menyebabkan protein tidak akan dipecah karena sumber energi utama dipasok kembali. 

Masuk dalam manfaat lainnya yaitu yang pertama metabolisme ketika berpuasa membantu detoksifikasi yang dilakukan enzim-enzim hati, hal ini disebabkan pembatasan asupan kalori mendorong fungsi membuang racun yang terjadi. Kedua berkaitan dengan lemak ya! Penurunan berat badan hihiii.

Masih berkaitan dengan lemak yaitu yang ketiga mengontrol tekanan darah, ketika penurunan berat badan yang sehat dapat membantu pengontrolan diabetes dan menurunkan tekanan darah.

Tulisan tidak panjang-tidak pendek ini hanya sebagian kecil dari kisah puasa, jika kita mau mencari tahu dan memahaminya memungkinkan kita tersambung pada pintu menuju tidak terbatasnya Allah swt. 

Thank you guys for reading, hopefully it will be of value to our lives.

Don't stop being curious!


Sumber :

Hotimah. 2023. Bagaimana Perubahan Metabolisme Tubuh Saat Puasa. Diakses pada 11 September 2023, pukul 13.08 WIB. https://fk.unusa.ac.id/2023/03/28/bagaimana-perubahan-metabolisme-tubuh-saat-puasa/

Entrepreneur and Career Development Universitas Medan Area. 2023. Metabolisme Tubuh yang Terjadi Saat Anda Berpuasa. Diakses pada 11 September 2023 pukul 14.34 WIB. https://pkk.uma.ac.id/2023/04/29/metabolisme-tubuh-yang-terjadi-saat-anda-berpuasa/




16
189
Satu Tapi Tak Menyatu?

Satu Tapi Tak Menyatu?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
9 months ago
Gantry crane

Gantry crane

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
6 months ago
Jaga Mata (serial JAGA)

Jaga Mata (serial JAGA)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
9 months ago
Beni and Hard Work

Beni and Hard Work

1691587270.jpg
Andreans
5 months ago
Jimat Terampuh, Ampuhnya Jimat Kalimosodo

Jimat Terampuh, Ampuhnya Jimat Kalimosodo

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago