hanii 1 week ago
hmm.. #sains

Middlemist Red

Cerita dan mitos menarik tentang salah satu bunga terlangka.

Berbicara tentang bunga langka, mungkin banyak yang berpikir kalau bunga itu adalah Rafflesia arnoldii, padahal ada bunga lain yang tak kalah langka yaitu Middlemist Red yang menjadi spesies bunga Camelia paling langka di dunia. Tanaman cantik ini ternyata hanya tumbuh di dua negara yakni Selandia Baru dan Inggris, anehnya asal mula tanaman ini berasal dari China. Jadi, bagaimanakah asal usul bunga ini? Let’s find out together!

Bagaimana ditemukannya bunga ini?

Ditemukan pertama kali pada tahun 1804 oleh John Middlemist sekaligus orang yang memberikan nama bunga ini. Beliau membawa tanaman ini dari China lalu diberikan ke Kew Gardens. Diduga bunga ini sempat hilang dan akhirnya ditemukan lagi pada tahun 1823, disimpan oleh Duke of Devonshire VI di konservatori milik kakek buyutnya. Middlemist red hanya tersisa di dua lokasi di dunia, yaitu di Chiswick House & Gardens, London barat, Inggris, dan di Treaty House, Waitangi, Selandia Baru. Saat ini tanaman ini dibanderol dengan harga £3,200 atau sekitar 53 juta. Pada akhir abad ke-19 Chiswick House & Gardens disewakan ke berbagai penyewa dan hampir jatuh dalam kehancuran. Bahkan terdapat bom yang ditanam di sana, yang untungnya gagal meledak.

Fakta tentang bunga Middlemist ini!

Pertama tanaman ini warna sebenarnya bukanlah merah. Warna sesungguhnya adalah merah muda tua (deep pink), sementara daunnya berwarna hijau gelap. Pada pertengahan 1820-an, middlemist red mulai musnah di habitat aslinya. Fakta lain dari bunga ini adalah bunga ini biasanya mekar di tengah musim dingin jadi di Chiswick House & Gardens, middlemist red tumbuh di rumah kaca, di lingkungan yang dikontrol ketat. Bunganya mekar di tengah musim dingin, biasanya antara bulan Januari dan Februari, selain itu middlemist red tumbuh lebih baik di bawah naungan pohon-pohon tinggi. Mereka menyukai tanah asam yang kaya humus dan membutuhkan banyak air.

Manfaat bunga Middlemist Red bagi kesehatan!

Ternyata bunga Middlemist Red tidak hanya indah untuk dipandang, tetapi juga punya berbagai manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat bunga ini, yaitu:

  1. Bunga ini kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kanker. Antioksidan membantu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat.
  2. Bunga Middlemist Red juga dikenal sebagai pelembab kulit alami. Kandungan asam oleat yang ada dalam bunga ini membantu menjaga kelembaban kulit, membuat kulit kita tetap lembut dan bercahaya. 
  3. Bunga ini juga punya sifat penambah kolagen yang bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. 
  4. Bunga Middlemist Red bermanfaat menjaga untuk kesehatan rambut. Minyak yang diekstrak dari bunga ini bisa memperkuat helai rambut, membuatnya lebih kuat dan sehat.


Bunga ini juga memiliki cerita, legenda dari timur mengatakan bahwa bunga ini dapat mengembalikan waktu, serta memberi kekuatan magis. Mitos lain mengatakan bahwa siapa pun yang berhasil menanam dan merawat bunga Middlemist Red akan mendapatkan keberuntungan dan kekuatan yang luar biasa.


Baik kamu percaya atau tidak terhadap mitos tersebut, ternyata banyak sekali perjalanan menarik dari bunga middlemist ini bahkan dengan manfaatnya yang begitu besar.


Mungkin sekian dari saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan ketik.

Terima kasih.

Seni Tongklek

Seni Tongklek

1694832338.png
M. Robibb
1 year ago
Water Hemlock

Water Hemlock

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
1 year ago
Panspermia

Panspermia

1724158013.jpeg
sunshine
1 year ago
Haryo Patih Sengkuni

Haryo Patih Sengkuni

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbZ97yQA7BggpwvpsGSYqIacIBhTX9AdF7R8Lkr=s96-c
رحمة عفيفة عزم
7 months ago
Dewi Anjani

Dewi Anjani

1728274253.jpeg
ainun
8 months ago