Mimosa Pudica

Pernah mendengar tanaman putri malu? Tanaman liar ini tergolong unik, lho! Simak penjelasannya di sini.

2023-08-21 10:49:20 - Sasa am

Apa itu Mimosa Pudica?

Tanaman putri malu (Mimosa Pudica) adalah tanaman asal Amerika Tropis dan tersebar di wilayah Asia. Tanaman ini merupakan tanaman perdu pendek suku polong-polongan yang hidup di ketinggian hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Putri malu sangat mudah dikenali karena memiliki daun yang sensitif terhadap rangsangan (hipotesis). Putri malu merupakan tanaman yang mudah dijumpai di sekitar kita karena umumnya tumbuh liar begitu saja, dan mudah sekali ditemukan di tempat yang sedikit teduh dan berembun.

Ciri-ciri Fisik Mimosa Pudica

Tumbuhan putri malu, selain daun yang identik dengan gerak menutupnya, tumbuhan ini memiliki bunga unik berbentuk bulat berwarna merah muda menyala. Tumbuhan putri malu merupakan herba memanjat atau berbaring atau setengah perdu dengan tinggi 0,3-1,5 meter. Tumbuhan ini memiliki tulang daun menyirip, serta batang yang tidak berkambium. Putri malu memiliki akar serabut yang memudahkan tumbuhan mengambil zat hara dalam tanah.

Kenapa Daunnya Menutup Kalau Disentuh?

Putri malu memiliki kemampuan gerak seismonasti (tigmonasti), artinya daun tanaman akan menguncup ketika disentuh. Menutupnya daun putri malu saat disentuh disebut gerak nasti. Sentuhan pada putri malu yang menyebabkan daun-daunnya mengatup dan tangkainya merebah disebut gerak tigmonasti. Gerakan ini berfungsi untuk melindungi diri dari serangan hewan herbivora(pemakan tumbuhan) di sekitarnya. Tanaman ini juga membutuhkan adanya sinar matahari sebagai sumber energi pertumbuhan juga arah pertumbuhannya. Tumbuhan putri malu yang berada di tempat kedap cahaya, daun-daunnya akan mengatup. Sedangkan tumbuhan putri malu yang berada di tempat terang, daunnya tetap membuka.

Dari Mana Putri Malu Berasal?

Putri malu berkembang sangat cepat melebihi populasi tanaman lain karena bagian-bagian tumbuhan ini sangat adaptif. Tumbuhan putri malu sering dijumpai di tempat-tempat yang terkena sinar matahari dan terbuka seperti area sekitar sawah, kebun, dan rerumputan. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis yang ditemukan pada ketinggian 1200 meter di bawah permukaan laut. 

Apakah tumbuhan liar punya manfaat?

Tumbuhan putri malu memiliki banyak sekali manfaat bagi kita karena tidak mengandung bahan beracun dan memiliki batas keamanan yang wajar terkait dengan toksisitasnya selama digunakan dalam rentang dosis yang dianjurkan. Kondisi ini mendukung penggunaan M. pudica dalam praktik pengobatan untuk mengatasi beberapa keluhan sakit seperti:

  1. Mengatasi insomnia, batuk bronkitis dan rematik (Lusi Kristiana, dkk, 2021).
  2. Daun putri malu yang tinggi antioksidan membantu mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.
  3. Cukup dengan membuat ramuan daun putri malu lalu mencampurkannya dengan biji putri malu ternyata berkhasiat mengatasi diare, mengeluarkan racun dan kuman, serta membersihkan usus.
  4. Putri malu juga dapat menyembuhkan luka dan gatal dengan cara membuat pasta dari daunnya sebagai tapal.
  5. Sampo yang mengandung ekstrak putri malu dianjurkan untuk seseorang dengan permasalahan rambut rontok karena dapat membantu pertumbuhan sel rambut baru, dan mengontrol rambut rontok dan kebotakan.
  6. Putri malu juga dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan memanfaatkan daunnya sebagai obat. Cukup konsumsi 15 mili dalam dua kali sehari secara konsisten.

Manfaat tumbuhan Putri Malu tidak hanya itu saja, masih ada banyak sekali manfaat yang dapat dimanfaatkan dari tumbuhan ini.

Sumber

Kristiana, Lusi, dkk. 2021. Telaah Semi-Sistematik Potensi Mimosa pudica L. Sebagai Antidepresan, Antiansietas, dan Gangguan Suasana Hati. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia.<https://pdfs.semanticscholar.org/995a/82dba63af2a2076002193622b9074ebd6ad9.pdf> Diunduh pada 9 Agustus 2023.

Mahanaim, Putra. 2023. “11 Manfaat Daun Putri Malu, Tanaman Liar Yang Baik Untuk Kejantanan Pria”. Merdeka.com. 2021. <https://www.merdeka.com/trending/11-manfaat-daun-putri-malu-tanaman-liar-yang-baik-untuk-kejantanan-pria-kln.html> Dilihat pada 9 Agustus 2023.


Teks LHO kelompok 4 Bahasa Indonesia

More Posts