Adila 1 year ago
Adila Salvania S #sains

Moonquake

Bulan juga mengalami gempa?

Ternyata, bulan juga bisa mengalami gempa. Bulan yang merupakan satelit Bumi, juga satelit terbesar kelima dalam sistem tata surya. Berdiameter sekitar seperempat diameter Bumi. Dan berjarak 384.400 Km dari Bumi.

Dikutip dari science.nasa.gov, setidaknya ada empat jenis gempa bulan yang berbeda: (1) gempa bulan dalam sekitar 700 km di bawah permukaan, mungkin disebabkan oleh pasang surut air laut; (2) getaran akibat tumbukan meteorit; (3) gempa termal yang disebabkan oleh pemuaian kerak dingin saat pertama kali disinari matahari pagi setelah dua minggu malam bulan yang sangat dingin; dan (4) gempa bulan dangkal yang hanya berjarak 20 atau 30 km di bawah permukaan.

Bulan mengalami gempa salah satunya karena penyusutan. Pengerutan terjadi seperti buah anggur yang menjadi kismis, tetapi, kulit bulan tidak selentur kulit buah, yang terjadi adalah kerak bulan terpecah

Aktivitas tektonik di Bumi, seperti gempa Bumi dan gunung berapi, merupakan hasil dari goncangan lempeng tektonik yang didorong oleh interior cair planet ini. 

Di Bulan juga terdapat cairan planet tersebut, hanya saja telah lama mendingin, sehingga tidak banyak yang menduga bahwa Bulan juga mengalami aktivitas tektonik. Namun, pada 2010, gambar beresolusi tinggi dari Lunar Reconnaissance Orbiter mengungkapkan adanya jaringan ribuan sesar di Bulan yang membuktikan adanya aktivitas tektonik Bulan, meskipun tidak jelas kapan aktivitas ini terjadi. Selain itu, seismometer di empat lokasi pendaratan Apollo di Bulan juga merekam 28 gempa Bulan dangkal antara 1969 dan 1977, dengan magnitudo 1,5 hingga 5 skala Richter. 

"Gempa dihasilkan sebagai akibat dari meteoroid yang menabrak permukaan bulan atau oleh tarikan gravitasi Bumi yang meregangkan interior bulan, dengan cara yang mirip dengan tarikan pasang surut bulan di lautan Bumi" tulis Jonathan O’Callaghan kepada Horizon: The EU Research.

Dampak dari mendaratnya pesawat ruang angkasa di Bulan juga dapat menyebabkan gempa. 

Dikatakan oleh seismolog planet di Universitas Maryland di College Park, Nicholas Schmerr, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gempa Bulan dengan kedalaman ini ialah hasil dari gravitasi Bumi yang menarik interior Bulan.

Contohnya ketika misi Appolo mendeteksi sekitar 11.000 gempa Bulan yang terjadi 800-1100 kilometer di bawah permukaan Bulan. Juga, pendaratan pesawat ruang angkasa ini menyebabkan gempa dikarenakan tumbukan.

Apakah kalian sudah mengetahui hal ini sebelumnya?

16
161
Fobia atau Trauma?

Fobia atau Trauma?

defaultuser.png
Adila
8 months ago

Cerita Narasi: Lautan

Sebuah cerita fantasi karya Iandra Quarta Filia Sarwono

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago
Eksplanasi Mengenai Perbandingan Fruit dan Veggie (serial TUGAS)

Eksplanasi Mengenai Perbandingan Fruit dan Veggie (serial TUGAS)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 month ago
Yakin Mau Malas Membaca?

Yakin Mau Malas Membaca?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
8 months ago
Star Syndrome

Star Syndrome

1694005863.jpg
Fadil
7 months ago