corry aflah shinta 6 months ago
cymophile

Mukjizat Medis?

Kegunaan teknologi dalam medis di era modern

Tak bisa dipungkiri, bahwa teknologi akan dan selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Seperti yang kita ketahui, canggihnya teknologi di zaman sekarang sudah tidak sulit lagi untuk ditemukan. Dengan berkembangnya teknologi yang canggih ini, memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, telah menjadi waspada pula akan bahaya kecerdasan buatan atau yang sering kita kenal dengan AI (Artificial Intelligence) yang diprediksi akan menggantikan manusia pada pekerjaan tertentu di masa depan. 

Pemanfaatan teknologi tentu tidak hanya dalam bidang sosial, tapi juga bermanfaat di dunia medis.

Dalam medis, untuk pemeriksaan laboratorium dan menjadi salah satu penunjang untuk menentukan diagnosis dengan cara mengambil foto organ di dalam tubuh yang dilakukan dengan menggunakan radiasi. Proses tersebut dinamakan rontgen atau X-ray.

Jaringan dan organ akan menyerap jumlah radiasi yang berbeda dan menghasilkan warna hitam putih pada gambar yang diambil. Warna putih disebabkan karena banyak penyerapan sinar-x oleh kalsium pada tulang. Sedangkan jaringan dan organ lain menghasilkan warna abu-abu atau lebih pekat ke warna hitam karena menyerap sinar-x lebih sedikit.

Pada umumnya, alat ini digunakan untuk memeriksa tulang yang patah (patah tulang), rontgen memiliki berbagai jenis, seperti rontgen dada, rontgen tulang belakang, rontgen alat gerak dan rontgen lain yang digunakan untuk mengidentifikasi gangguan lain.

Prosedur sebelum melakukan rontgen adalah pasien tidak diperbolehkan meminum obat (berhenti minum obat) atau berpuasa. Saat melakukan rontgen, pasien bisa berdiri atau duduk sesuai arahan dokter untuk memudahkan pengambilan gambar. Dan, disarankan sesudah pengambilan gambar dengan X-ray untuk meminum banyak air putih karena saat pengambilan gambar menggunakan cahaya atau zat kontras. Setelah itu, pasien bisa kembali ke rutinitas normal.

Kurang lebih itulah tentang rontgen yang disebut dengan mukjizat medis. Tetap jaga kesehatan dan hiduplah dengan sehat, karena seperti yang kita tahu, kesehatan mahal harganya dan bersyukurlah jika masih diberi kesehatan.


Sumber:

Fadli, Rizal. “Rontgen - Jenis, Manfaat dan Prosedur”. Diakses pada 12 Oktober 2023. Halodoc, https://www.halodoc.com/kesehatan/rontgen. [picture] https://www.buyukanadoluhastanesi.com/haber/1568/rontgen-nedir


18
242
Livery Lawas

Livery Lawas

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
2 months ago
Aplikasi Fisika Terapan dalam Moment Idul Adha

Aplikasi Fisika Terapan dalam Moment Idul Adha

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Emas Tetap Emas, Sekalipun Dalam Lumpur

Emas Tetap Emas, Sekalipun Dalam Lumpur

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
2 weeks ago
Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sejarah Hari Lahir Pancasila

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Bagaimana Kuku Bisa Tumbuh?

Bagaimana Kuku Bisa Tumbuh?

1706083093.jpeg
Ainun
7 months ago