N Technic 3 months ago
N Technic #sains

Nuclear Flask

kereta pengangkut limbah nuklir.

Nuclear Flask (labu nuklir) adalah kontainer pengiriman yang digunakan untuk mengangkut bahan nuklir aktif antara pembangkit listrik tenaga nuklir dan fasilitas pemrosesan ulang bahan bakar bekas.


Setiap kontainer dirancang untuk menjaga integritasnya dalam kondisi transportasi normal dan selama kondisi kecelakaan hipotetis. Kontainer ini harus melindungi isinya dari kerusakan dari dunia luar, seperti benturan atau kebakaran. Kontainer ini juga harus melindungi isinya dari kebocoran, baik untuk kebocoran fisik maupun untuk perisai radiologi.


Tong pengiriman SNF yang biasa dipasang di gerbong kereta api

Tong pengiriman bahan bakar nuklir bekas digunakan untuk mengangkut bahan bakar nuklir bekas yang digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir dan reaktor penelitian ke tempat pembuangan seperti pusat pemrosesan ulang nuklir di situs COGEMA La Hague.

Awal Diperkenalkan

Diperkenalkan pada awal tahun 1960-an, labu Magnox terdiri dari empat lapisan; loncatan internal yang berisi limbah; pemandu dan pelindung yang mengelilingi loncatan; semua terkandung dalam badan utama baja setebal 370 milimeter (15 inci) dari labu itu sendiri, dengan sirip-sirip pendingin yang khas; dan (sejak awal tahun 1990-an) kabin pengangkut panel yang menyediakan rumah eksternal. Labu untuk limbah dari pembangkit listrik reaktor berpendingin gas yang lebih canggih kemudian serupa, tetapi memiliki dinding utama baja yang lebih tipis dengan ketebalan 90 milimeter (3,5 inci), untuk memberikan ruang bagi pelindung timbal internal yang ekstensif. Labu ini dilindungi oleh pengait baut yang mencegah konten diakses selama transit.


Dan ini adalah foto uji coba tabrak Nuclear Flask dengan kecepatan 100 ml

Di Negara Inggris

Labu yang diangkut dengan kereta api digunakan untuk mengangkut bahan bakar bekas dari pembangkit listrik tenaga nuklir di Inggris dan fasilitas pemrosesan ulang bahan bakar nuklir bekas di Sellafield. Setiap labu memiliki berat lebih dari 50 ton (110.000 lb), dan biasanya mengangkut tidak lebih dari 2,5 ton (5.500 lb) bahan bakar nuklir bekas.


Selama 35 tahun terakhir, British Nuclear Fuels plc (BNFL) dan anak perusahaannya, PNTL, telah melakukan lebih dari 14.000 pengiriman tong SNF ke seluruh dunia, mengangkut lebih dari 9.000 ton SNF sejauh lebih dari 16 juta mil melalui jalan darat, kereta api, dan laut tanpa pelepasan radiologi. BNFL merancang, melisensikan, dan saat ini memiliki dan mengoperasikan armada sekitar 170 tong dengan desain Excellox. BNFL telah mempertahankan armada tong pengangkut untuk mengirimkan SNF ke Inggris, benua Eropa, dan Jepang untuk diproses ulang.


Di Inggris, serangkaian demonstrasi publik dilakukan di mana labu bahan bakar bekas (dimuat dengan batang baja) menjadi sasaran simulasi kondisi kecelakaan. Labu yang dipilih secara acak (tidak pernah digunakan untuk menampung bahan bakar bekas) dari jalur produksi pertama kali dijatuhkan dari menara. Labu tersebut dijatuhkan sedemikian rupa sehingga bagian terlemah dari labu tersebut akan menyentuh tanah terlebih dahulu. Tutup labu sedikit rusak, tetapi hanya sedikit sekali material yang keluar dari labu. Sedikit air keluar dari labu, tetapi diperkirakan bahwa dalam kecelakaan nyata, keluarnya radioaktivitas yang terkait dengan air ini tidak akan menjadi ancaman bagi manusia atau lingkungannya.


Untuk pengujian kedua, labu yang sama dipasangi tutup baru, diisi lagi dengan batang baja dan air sebelum kereta api ditabrakkan ke dalamnya dengan kecepatan tinggi. Labu tersebut selamat dengan hanya mengalami kerusakan kosmetik sementara kereta api hancur. Meskipun disebut sebagai uji coba, namun tekanan yang sebenarnya dialami labu itu jauh di bawah apa yang dirancang untuk menahannya, karena sebagian besar energi dari tabrakan diserap oleh kereta api dan menggerakkan labu itu sejauh tertentu. Labu ini dipajang di pusat pelatihan di Pembangkit Listrik Heysham 1.

Itu saja dari saya kurang lebihnya mohon maaf ya.

6
194
Sengketa Wilayah dan Dampaknya terhadap rasa kepedulian warga Indonesia

Sengketa Wilayah dan Dampaknya terhadap rasa kepedulian warga Indonesi...

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
4 months ago
Resensi Cerpen: Meninjau Kisah Seorang Gadis Cantik Berdarah Aceh-Jawa dalam Cerpen Hilang, Tersapu di Banda Aceh

Resensi Cerpen: Meninjau Kisah Seorang Gadis Cantik Berdarah Aceh-Jawa...

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbZ97yQA7BggpwvpsGSYqIacIBhTX9AdF7R8Lkr=s96-c
رحمة عفيفة عزم
9 months ago
Resensi Cerpen Rindu Kau Rangkai Karya Nagita Puspa

Resensi Cerpen Rindu Kau Rangkai Karya Nagita Puspa

1725169904.jpg
ainun
9 months ago
Peran Teknologi dalam Membentuk Generasi Emas Indonesia

Peran Teknologi dalam Membentuk Generasi Emas Indonesia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtebFtNMQHBVPm_nTy9c-BLN7W8Ju7AWS0Rh83wD6mA_=s96-c
Hayzalia
1 week ago