corry aflah shinta 5 months ago
cymophile #sains

Kita Tahu Masalah Kita?

Baca aja deh kalo mau hehe

Yang pertama untuk memulai, apa si overthinking & insecure?

Dalam arti kata, overthinking merupakan aktivitas berpikir dari seseorang yang dilakukan secara berlebihan. Orang yang overthinking akan berpikir terlalu jauh dan terlalu rumit dari masalah yang sebenarnya terjadi. Orang yang lebih sering merasa cemas dan tidak tenang hidupnya adalah salah satu ciri orang yang mengalami overthinking.

Dilansir dari halodoc, “Rasa insecure bisa jadi terkait dengan kondisi kesehatan mental. Seperti gangguan kecemasan, paranoia, dan lain-lain”. Insecure adalah perasaan tidak percaya diri atau tidak ada kepastian dalam diri sendiri. Yang berkemungkinan dialami oleh kebanyakan orang mengenai beberapa aspek kehidupan mereka.

Karena overthingking dan insecure saling berkaitan, dan kedua hal itu jika terus terjadi maka menyebabkan dampak yang kurang baik, kecuali bagaimana mereka atau kita mengatasinya. So, sebagian masalah kita berasal dari mana si?

Ya, kita sendiri yang memiliki sifat overthinking & insecure. Sebenarnya gampang buat nyelesain masalah, etss gampang gak tuh? Gampang dong! kalau kita nglakuin ini. Yang pertama, kita sadar akan masalah kita apa, paham akan masalah, ketahui penyebab masalah, sederhanakan masalah, fokus pada masalah, jangan mengeluh terlalu banyak dan segera ambil tindakan. 

Emang si kalo kita baca itu pas gada masalah yang kompleks itu kaya mudah banget gak sih? “Oh itu, gampang lah” tapi nyatanya? Kalo ada masalah yang kompleks? Itu susah di terapkan, karena kita terlalu memikirkan hal itu secara berlebihan atau overthinking, sabar dulu, tenangkan diri, boleh overthinking tapi gak usah kelamaan. Insyaallah bisa kok, pelan-pelan saja. Bosan gak sih dengar kata “semangat ya”? Kalo diambil dari kata kata di medsos, mau di semangatin orang sedunia pun kalo lagi cape ya cape. Kalo cape istirahat dulu ya? Jangan dipaksa, sekali lagi, pelan-pelan aja. Tapi memang nyatanya, praktek tak semudah teori. And let's be a better person for ourselves, guys!

Source:

  • Halodoc, Redaksi. 2023. “Mengenal Arti Insecure Dalam Psikologi, Wajib Tahu!” Halodoc, 18 Agustus 2023. Dilihat pada 12 November 2023. <https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-arti-insecure-dalam-psikologi-wajib-tahu>.
  • Kompasiana.com. 2022. “Insecure.” KOMPASIANA, 30 Desember 2022. Dilihat pada 12 November 2023. <https://www.kompasiana.com/rina0512/63af0d124addee21e11f41d2/insecure>.
  • Rismawan, Aris. 2023. “Arti Kata Overthinking: Penjelasan, Contoh, Dampak Serta Cara Mengatasi Overthinking.” Jababeka News, 30 Januari 2023. Dilihat pada 12 November 2023. <https://jababeka.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2516180729/arti-kata-overthinking-penjelasan-contoh-dampak-serta-cara-mengatasi-overthinking>.
17
183
Hidup yang tidak mati

Hidup yang tidak mati

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
1 year ago
There was an explosion on the motorbike you were using?

There was an explosion on the motorbike you were using?

defaultuser.png
Adila
1 month ago
Ondb Land = Enough But Not Last

Ondb Land = Enough But Not Last

1714290832.png
Azhnrkhlf
5 months ago
Berita HOAX!

Berita HOAX!

1709694856.jpeg
Nasya
1 month ago
Gurita Hewan Terpintar

Gurita Hewan Terpintar

defaultuser.png
almatheaaa
8 months ago