artículo Han 2 days ago
Kivotos line #sains

Pavement Milling

mesin untuk mengeruk jalan aspal

Pavement milling (cold planing, penggilingan aspal, atau pembuatan profil) adalah proses menghilangkan setidaknya sebagian permukaan area beraspal seperti jalan, jembatan, atau tempat parkir. Penggilingan dapat dilakukan mulai dari ketebalan yang cukup untuk meratakan dan menghaluskan permukaan hingga penghilangan kedalaman penuh. Ada beberapa alasan berbeda untuk melakukan penggilingan pada area beraspal daripada hanya melakukan pengaspalan ulang pada permukaan yang ada.

Tujuan

Daur ulang permukaan jalan merupakan salah satu alasan utama untuk melakukan penggilingan permukaan jalan. Penggilingan banyak digunakan untuk daur ulang pengerasan jalan saat ini, di mana pengerasan jalan dihilangkan dan digiling untuk digunakan sebagai agregat pada pengerasan jalan yang baru. Untuk permukaan aspal, produk penggilingan adalah pengerasan aspal reklamasi (Reclaimed Asphalt Pavement/RAP), yang dapat didaur ulang pada aspal campuran panas aspal (pengerasan jalan) dengan cara digabungkan dengan agregat baru dan semen aspal (pengikat) atau agen daur ulang. Hal ini mengurangi dampak pelapisan ulang terhadap lingkungan.


Penggilingan juga dapat menghilangkan gangguan pada permukaan, memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan/atau umur jalan yang lebih panjang. Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan penggilingan antara lain:

  1. Raveling: agregat yang terlepas dari pengikatnya dan lepas di jalan
  2. Pendarahan: bahan pengikat (aspal) naik ke permukaan jalan
  3. Rutting: terbentuknya bintik-bintik rendah pada pengerasan jalan di sepanjang arah perjalanan, biasanya di jalur roda
  4. Shoving: efek seperti papan tulis yang melintang ke arah perjalanan
  5. Kualitas pengendaraan: permukaan jalan yang tidak rata seperti benjolan, gundukan, penurunan, atau cekungan
  6. Kerusakan: akibat kecelakaan dan/atau kebakaran

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengontrol atau mengubah ketinggian sebagian atau seluruh jalan. Hal ini dapat dilakukan untuk mengendalikan ketinggian dan jarak bebas struktur jalan lainnya seperti: pengungkapan trotoar, ketinggian lubang got dan bak penampung, ketinggian bahu jalan dan pagar pembatas, dan jarak bebas di atas jalan. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengubah kemiringan atau camber jalan atau untuk penyesuaian ketinggian yang dapat membantu drainase.

Proses dan mesin

Penggilingan dilakukan oleh peralatan konstruksi yang disebut mesin milling atau cold planer. Mesin-mesin ini menggunakan drum besar yang berputar untuk mengangkat dan menggiling permukaan jalan. Drum tersebut terdiri dari gulungan-gulungan pemegang alat. Gulungan-gulungan tersebut diposisikan di sekeliling drum sedemikian rupa sehingga pengerasan jalan digerakkan ke arah tengah dan dapat dimuat ke dalam ban berjalan alat berat. Penahan pahat dapat aus seiring waktu dan dapat patah jika struktur jalan raya seperti lubang got ditemui saat penggilingan.


Penahan pahat pada drum menahan pemotong karbida. Pemotong dapat dilepas dan diganti jika sudah aus. Jumlah keausan (dan oleh karena itu interval antara penggantian) bervariasi dengan jenis dan konsistensi material yang digiling; interval dapat berkisar dari beberapa jam hingga beberapa hari.


Drum tertutup dalam rumah/scrapper yang digunakan untuk menampung material yang digiling untuk dikumpulkan dan disimpan di konveyor. Jarak spiral alat di sekitar drum mempengaruhi permukaan akhir jalan, dengan penggilingan mikro memiliki jarak yang paling rapat.


Mayoritas mesin milling menggunakan pengaturan up-cut yang berarti bahwa drum berputar ke arah yang berlawanan dengan roda penggerak atau track, yaitu permukaan kerja yang diumpankan ke dalam potongan. Kecepatan drum yang berputar harus lebih lambat dari kecepatan maju mesin untuk mendapatkan permukaan akhir yang sesuai.


Mesin modern umumnya menggunakan sistem konveyor bukaan depan yang memiliki keuntungan untuk mengambil material yang jatuh dari konveyor saat penggilingan berlangsung. Air umumnya digunakan pada drum saat drum berputar, karena panas yang dihasilkan selama proses penggilingan. Selain itu, air membantu mengontrol debu yang dihasilkan. Untuk mengontrol kedalaman, kemiringan, dan profil permukaan giling akhir, banyak pabrik sekarang memiliki kontrol kedalaman otomatis menggunakan laser, tali-garis, atau metode lain untuk mempertahankan permukaan yang digiling hingga ± 5 mm (0,20 inci) dari ketinggian target.

Micro milling

Penggilingan mikro juga dikenal sebagai penggilingan karbida. Ini adalah alternatif yang lebih murah untuk penggerindaan berlian pada trotoar. Penggilingan mikro menggunakan drum khusus dengan tiga sampai empat kali lebih banyak gigi pemotong daripada drum penggilingan standar. Penggilingan mikro dapat digunakan baik sebagai permukaan akhir atau sebagai perawatan sebelum mengaplikasikan lapisan tipis. Micro milling dapat digunakan untuk menghilangkan banyak gangguan yang sama seperti yang dapat dihilangkan oleh milling standar, meskipun biasanya dengan kedalaman yang lebih dangkal. Permukaan yang digiling mikro memiliki hasil akhir yang seragam dengan kebisingan jalan yang lebih rendah dibandingkan dengan penggilingan standar.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf ya.

Tragedi Bintaro I

Tragedi Bintaro I

1726579414.png
artículo Han
1 year ago
Kumpulan Pantun

Kumpulan Pantun

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
1 year ago
SI MISKIN DAN SI KAYA YANG DERMAWAN

SI MISKIN DAN SI KAYA YANG DERMAWAN

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
10 months ago
Kisah Aini: Abang (Cerpen)

Kisah Aini: Abang (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
11 months ago
Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
1 year ago