Shulhan 7 months ago
Batire Arsenik Selenium Fosfor #sains

Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

Sayangi Bumi kita!

Pohon merupakan makhluk hidup yang sudah sangat melekat dalam kehidupan kita. Kehadiran pohon terasa seperti kebutuhan yang harus senantiasa terpenuhi dalam kehidupan. 

Peran pohon bagi kehidupanpun sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Kehadiran pohon dalam kehidupan kita, merupakan hal yang tidak bisa kita ubah. Pohon sebagai pelengkap dalam aktivitas kita di bumi, dan juga elemen-elemen lain berperan sebagai pelengkap, seperti halnya air dan tanah. 

Keberlangsungan hidup manusia akan terus berjalan jika pohon-pohon di Bumi ini terus dijaga dan dilestarikan. Mirisnya penebangan pohon di hutan Indonesia menjadikan beberapa kehidupan makhluk hidup yang tinggal di hutan menjadi terancam. Ekosistem lingkungan menjadi terganggu akibat adanya penebangan massal. 

Kesadaran dari masing-masing kita harus ditingkatkan, karena hal ini begitu penting dalam kehidupan kita. Jikalau semua pohon yang tersedia ditebang, maka oksigen yang selama ini kita dapat pun akan berkurang, kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lain akan terganggu seiring berkurangnya pohon yang ada. 

Peran pohon bagi kehidupan di muka bumi ini tak hanya satu, melainkan lebih dari pada itu. Selain memberikan oksigen yang segar untuk kita hirup setiap harinya, pohon juga dapat bermanfaat untuk mengurangi terjadi berbagai bencana. Contohnya saja seperti tanah longsor yang diakibatkan oleh penebangan liar. Tanpa adanya pohon sebagai penahan tanah, maka tanah yang menjadi tumpuan pohon akan mudah longsor jika terkena air hujan ataupun terkena gempa bumi. 

Penebangan pohon berskala besar juga dapat menjadi potensi terjadinya berbagai bencana alam. Udara bersih yang dihasilkan oleh pohon akan berkurang dikarenakan penebangan liar. Ekosistem hutan akan menjadi semakin tidak teratur, makhluk hidup yang mana habitatnya di hutan menjadi terganggu dan bahkan bisa sampai terancam punah. 

Kesimpulannya, pohon merupakan elemen alam yang tidak boleh kita biarkan untuk punah. Pohon harus senantiasa kita jaga agar lingkungan yang kita tempati memiliki udara yang senantiasa segar. Penebangan liar pun harus kita cegah mulai dari sekarang, karena peranan pohon dalam keberlangsungan hidup kita sangatlah banyak sekaligus penting dan bermanfaat. 

22
160
Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
10 Magic Crystals

10 Magic Crystals

1714313169.jpg
ᴅᴀʀɪ_ᴀʀʏᴀꜱᴀᴊᴀ
5 months ago
Jejak Sejarah Kerajaan Mataram Kuno

Jejak Sejarah Kerajaan Mataram Kuno

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
3 months ago
Indonesia Milik Kita

Indonesia Milik Kita

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdxpb1bzzGD_VDemj50b46gzPHGbHcl34hctI-af4zOQZ8=s96-c
Andini Aliyah Putri Putri
6 days ago
Gadget atau Gawai

Gadget atau Gawai

1706083093.jpeg
Ainun
6 months ago