VINOKIO 7 months ago
Nabygha Jibran Alvino #sains

Perang Dunia Kedua

Pada era perang dunia kedua ada dua aliansi utama yaitu blok poros dan blok sekutu. Blok poros: NAZI Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler Italia dipimpin oleh Bonito Mussolini Jepang dipimpin oleh Hirohito Blok sekutu : amerika serikat dipimpin oleh Franklin D. Roosevelt inggris dipimpin oleh Winston Churchill uni soviet di pimpin oleh Joseph Stalin china dipimpin oleh Chiang Kai-shek

Perang Dunia II adalah perang terbesar dan paling banyak memakan korban sepanjang sejarah. Perang Dunia II terjadi pada 1 September 1939 dan terjadi karena invasi NAZI Jerman ke Polania, Blitzkrieg (Perang Silau) pada 1 September 1939 yang diikuti oleh serangkaian perang terhadap Jerman oleh Perancis dan Inggris. Sejak akhir 1939-1941 NAZI Jerman membentuk aliansi poros bersama Italia dalam rangka menguasai dan mendominasi Eropa. Dari tahun 1939-1941 NAZI Jerman berhasil menguasai sebagian besar negara-negara di Eropa termasuk Denmark, Norwegia, Polandia, Austria, dan Prancis. Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan Blok Poros. Hingga pada 22 Juni 1941, NAZI Jerman memulai invasi besar-besaran dan menyerbu Uni Soviet yang dikenal sebagai Operasi Barbarossa. Dalam operasi ini, NAZI Jerman berhasil menguasai sebagian besar wilayah Uni Soviet dan berhasil mendorong mundur pertahanan Uni Soviet sampai 2.900 km hingga sampai di kota Moscow dan Stalingrad. Tetapi ketika musim dingin, serangan pasukan Jerman gagal dan Uni Soviet berhasil memukul mundur NAZI Jerman.

Di benua Asia, Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika Serikat yaitu Pearl Harbor di Hawaii. Karena hal itu, Amerika Serikat mendeklarasikan perang terhadap Jepang dan terjadilah pertempuran laut antara Jepang dan Amerika Serikat di Samudra Pasifik atau dikenal dengan Battle Of Midway. Hingga pada tahun 1942 Jepang kemudian kalah dalam berbagai pertempuran laut tersebut.

Serbuan Poros berhenti pada tahun 1942, setelah sekutu berhasil menduduki Italia dan NAZI Jerman yang mulai kalah karena diserbu Uni Soviet dan blok sekutu dari berbagai front. Saat itu rencana NAZI Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler bisa dibilang gagal total. NAZI Jerman kalah oleh Amerika dalam pertempuran Pantai Prancis yang dikenal sebagai pertempuran Battle Of Normandy dan NAZI Jerman kalah oleh Uni Soviet dalam pertempuran Moscow, Stalingrad, dan berbagai pertempuran di front timur, hingga pada 8 Mei 1945, NAZI Jerman menyerah tanpa syarat. Uni Soviet dan blok sekutu berhasil menduduki ibu kota NAZI Jerman yaitu Berlin. Pada 1945 Amerika mengakhiri Perang Dunia II dengan menjatuhkan dua bom atom Fatman dan Little Boy di Kota Hiroshima dan Nagasaki. Perang Dunia II berakhir pada 2 September 1945 dengan kemenangan blok sekutu dan kekalahan blok poros.

11
222
Ondel-Ondel Khas Betawi

Ondel-Ondel Khas Betawi

1709694856.jpeg
Nasya
9 months ago
Vampir di Dunia Nyata

Vampir di Dunia Nyata

1710565416.jpeg
naaa
8 months ago
Segi Tiga yang Aneh

Segi Tiga yang Aneh

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
6 months ago
Demon Core Incident

Demon Core Incident

1710859804.png
kanza
6 months ago
Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

1707266435.jpeg
VINOKIO
9 months ago