llovie 3 months ago
l-vobe #budaya

Raden Janaka

Salah satu tokoh wayang tampan dan menawan dalam kisah Mahabharata.

Arjuna, siapa yang tidak mengenal salah satu tokoh wayang legendaris ini? Arjuna adalah anak dari Pandu Dewanata dan Kunti, dikenal sebagai anggota Pandawa yang berparas menawan dan berhati lemah lembut. Dalam kisah Mahabharata dideskripsikan Arjuna sebagai teman dekat Kresna. Hubungan di antara mereka sangat dekat sehingga Arjuna meminta kesediaannya sebagai penasihat sekaligus kusir kereta Arjuna saat perang antara Pandawa dan Kurawa berkecamuk. Perang inilah yang disebut sebagai perang Bharatayudha. 

Kelahirannya adalah anugerah dari Resi Durwasa. Ia lahir di lereng Gunung Himawan, di sebuah tempat yang disebut Satsringa pada hari saat bintang Uttara Phalguna tampak di Zenith. Arjuna dididik bersama dengan saudara-saudaranya yang lain (Pandawa dan Kurawa) oleh Drona. Kemahirannya dalam ilmu memanah sudah tampak sejak kecil. Karena pengabdiannya pada Drona, ia mendapatkan sebuah astra yang bernama Brahmasirsa. Drona juga mengajarkan kepada Arjuna tentang cara memanggil dan menarik astra.

Suatu ketika, Pandawa datang ke tempat sayembara yang akan diadakan di Kerajaan Panchala. Mereka datang dengan menyamar sebagai kaum brahmana. Raja Drupada dari Panchala mengadakan sayembara untuk mendapatkan Drupadi, putrinya. Hingga akhirnya Arjunalah yang berhasil mendapatkan Drupadi. Namun, ketika mereka membawa Drupadi pulang, mereka mengaku telah membawa sedekah. Sedangkan Kunti menyuruh mereka membagi rata apa yang telah mereka dapatkan. Sesuai dengan yang dikatakan Kunti, Drupadi akan menjadi istri dari Pandawa.

Dalam perang Bharatayudha, Arjuna masih segan untuk membunuh Bisma, kakeknya yang berada di pihak Kurawa. Hal ini membuat Kresna marah berkali-kali dan Arjuna berjanji bahwa kelak ia akan mengakhiri nyawa Bisma. Pada pertempuran hari kesepuluh, Arjuna berhasil membunuh Bisma dan usaha tersebut dilakukan atas bantuan dari Srikandi. Setelah Abimanyu, putra Arjuna gugur pada hari ketiga belas, Arjuna bertarung dengan Jayadrata untuk membalaskan dendam atas kematian putranya. Pertarungan antara Arjuna dan Jayadrata berakhir menjelang senja hari dengan bantuan Kresna.

Pada pertempuran hari ketujuh belas, Arjuna terlibat dalam duel sengit melawan Karna. Hingga akhirnya Karna mati dengan panah Arjuna yang melesat memenggal kepala Karna.



Sumber :

“Arjuna.” 2023. Wikipedia. Wikimedia Foundation. September 11. https://id.wikipedia.org/wiki/Arjuna.

15
140

Coronavirus Disease

Mengenang pandemi COVID-19 sesaat.

defaultuser.png
Shatara Cetta MG
8 months ago
Resensi Cerpen 'Tak Sama'

Resensi Cerpen 'Tak Sama'

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
5 months ago
Beni and Hard Work

Beni and Hard Work

1691587270.jpg
Andreans
5 months ago
Singa Yang Tidak Tahu Diri (serial JANGAN)

Singa Yang Tidak Tahu Diri (serial JANGAN)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
2 months ago
Mantyasih Mataram

Mantyasih Mataram

defaultuser.png
Sasa am
2 months ago