corry aflah shinta 5 months ago
cymophile #bahasa

Resensi Cerpen 'Tak Sama'

Resensi cerpen yang berjudul 'Tak Sama' karya Rohmah Afifatul Azmi

Meninjau Kisah Laki-Laki dalam Cerpen Tak Sama

Karya Rohmah Afifatul Azmi 


Judul Cerpen : Tak Sama

Penulis : Rohmah Afifatul Azmi

Jumlah Halaman : 3 Halaman

Jumlah Kata : 1174 kata

Tahun Penulisan : 2023

Jenis Cerpen : Fiksi

Tautan Cerpen : GIGA MIBS - Tak Sama (mega.sch.id)


Seorang laki-laki yang sangat senang karena Instagramnya di-follow oleh gadis cantik hingga ia rela menunda pekerjaan rumah dan melewatkan makan siangnya untuk berbalas pesan dengan gadis yang dianggap cantik itu. Hingga akhirnya terjadi penyesalan karena telah mengetahui yang sebenarnya.

Cerpen karya Rohmah Afifatul Azmi ini memiliki alur yang sulit ditebak. Dan juga bahasa atau kalimat yang digunakan bisa membuat pembaca merasakan berbagai macam perasaan yang berbeda, bisa dibilang, pembaca akan menikmati alur ceritanya. Penggunaan bahasa yang penulis gunakan bisa membuat pembaca menikmati jalan ceritanya.

Selain kelebihan, cerpen ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, ada beberapa kalimat yang rancu atau sedikit sulit untuk dipahami. Dengan adanya kalimat seperti itu mungkin pembaca harus mengulang kalimat itu supaya benar-benar bisa memahami maksudnya. Selain itu, sedikitnya konflik yang diceritakan bisa saja membuat pembaca kurang puas karena konflik yang terjadi di seputar tokohnya hanya sedikit. Hal demikian itu juga dapat menimbulkan rasa penasaran akan lanjutan dari cerpen tersebut.

Dengan cerita yang ringkas dan konflik yang ringkas pula, cerpen ini sangat cocok jika dibaca oleh semua orang yang ingin membaca cerita fiksi dengan alur dan konflik yang tidak terlalu kompleks. Pembaca tidak akan menyesal jika membaca cerpen tersebut. Isinya yang menceritakan laki-laki karena kesenangannya di-follow gadis cantik dan akhirnya terjadi penyesalan karena yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan laki-laki itu, sangat relate dengan kehidupan pada masa kini yang selalu terdokumentasikan melalui media sosial. Saya sangat menyarankan bagi para penikmat sastra untuk membaca cerpen ini. Karena cerpen ini menyuguhkan kisah kehidupan yang tidak dapat dipungkiri, amat berkaitan dengan peristiwa di kehidupan nyata. Cerpen ini juga bisa kita ambil hikmahnya untuk tidak terlalu fokus pada apa yang kita sedang lakukan atau senangi, tetapi juga harus ingat kewajiban lain.

6
130
El Niño dan La Niña

El Niño dan La Niña

1694005863.jpg
Fadil
8 months ago
Apa itu Teknologi Blockchain?

Apa itu Teknologi Blockchain?

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
11 months ago
Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi

1708678186.jpeg
Salisa Najwa
8 months ago
Mozaik Ramadan: Tadarus Al - Qur'an

Mozaik Ramadan: Tadarus Al - Qur'an

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago