Chel 6 months ago
Lois Miracle #sains

Sapi Laut

Apakah ada sapi di laut?

Penemuan Sapi Laut

Sapi laut pertama kali ditemukan pada tahun 1741 oleh ilmuwan Jerman bernama Georg W. Steller. Sapi laut adalah mamalia laut yang sangat besar. Sapi laut ditemukan ketika ekspedisi pelayaran di Samudera Pasifik bagian utara. Sapi laut dalam klasifikasi masuk ke dalam satu famili dengan dugong, yaitu Dugongidae. Nama ilmiah sapi laut Steller adalah Hydrodamalis gigas. Hewan ini disebut jauh lebih besar dari dugong. Sayangnya, tidak ada bukti fosil yang ditemukan dan diawetkan untuk hewan ini.


Karakteristik Sapi Laut

Sapi laut hidup di air tawar dan air asin. Sapi laut memiliki panjang 9-10 meter dengan berat diperkirakan mencapai 10 ton. Bentuk fisiknya lebih mirip dengan Dugong. Bentuk kepalanya kecil dengan badan yang lebar. Sapi laut memiliki ekor seperti garpu dan dengan posisi horizontal.

Sapi laut tidak memiliki gigi. Hewan mamalia ini menggunakan pelat di dalam mulutnya untuk menghaluskan makanan. Oleh karena itu, hewan ini hanya memakan makanan lunak, seperti rumput laut. 

Walaupun ia tidak mempunyai pemangsa alami, perluasan wilayah manusia telah mengurangi habitat alaminya di kawasan paya pesisir, dan banyak sapi laut cedera akibat kipas perahu motor. Sapi laut sering menelan peralatan memancing (mata kail, pemberat, dll.) selagi merumput. Benda asing ini tampaknya tidak membahayakan lembu laut, kecuali benang atau tali filamen tunggal. Tali ini dapat menyumbat sistem pencernaan hewan tersebut dan membunuhnya secara perlahan-lahan.

Sapi laut sering kali berkumpul di dekat stasiun listrik, yang memanaskan air. Mereka menjadi bergantung pada sumber panas buatan ini. Mereka tak lagi bermigrasi ke daerah air yang hangat karena sudah memperoleh sumber air panas yang selalu ada ini. Baru-baru ini, stasiun-stasiun listrik telah ditutup. Karena mengetahui bahwa sapi laut bergantung kepada stasiun listrik ini, Badan Kehidupan Liar dan Perikanan AS sedang mencoba mencari cara memanaskan air bagi sapi laut.

Aneh tetapi nyata, pabrik pengelolaan air utama di Guyana memiliki tiga ekor sapi laut, yang bertugas menjaga kebersihan kanal penyimpanan dari alang-alang.


Sumber:

Tanpa Nama Penulis. 2023. “Lembu Laut”. Wikipedia, 4 Juli. Dilihat pada 24 Oktober 2023. <https://id.wikipedia.org/wiki/Lembu_laut>.Faradiba, Nadia. 2022. “Sapi Laut Steller, Mamalia Laut Yang Punah Kurang Dari Tiga Dekade.” KOMPAS.Com, 8 Januari 2022. Dilihat pada 24 Oktober 2023. <https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/08/193000923/sapi-laut-steller-mamalia-laut-yang-punah-kurang-dari-tiga-dekade>.
18
174
Takbir Mursal di Kota Wali

Takbir Mursal di Kota Wali

1694832338.png
M. Robibbb
1 year ago
Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtccdUM9I1-rkPTL8AR3pLCQzdAzmJMSUda3vSrweOz4=s96-c
salmaara
8 months ago
Apa itu Galaksi dan Bagaimana Saja Bentuknya?

Apa itu Galaksi dan Bagaimana Saja Bentuknya?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGSC-4tJu0GSVhJhWaL17Y4Nj_9JS0uMP28p9QmlBg=s96-c
ALE-ALE
8 months ago
Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
7 months ago
Apa yang Ada di dalam Rambut?

Apa yang Ada di dalam Rambut?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdxpb1bzzGD_VDemj50b46gzPHGbHcl34hctI-af4zOQZ8=s96-c
Andini Aliyah Putri Putri
7 months ago