Zakiyy 7 months ago
inft.void #sains

Saprofit

Kenali saprofit yuk ...

Apa itu Saprofit

Saprofit adalah organisme hidup yang memakan organisme mati dan membusuk. Saprofit hidup di lingkungan yang lembap dan juga pada sisa-sisa organisme yang mati. Saprofit memiliki peranan yang sangat penting bagi ekosistem biologi tanah. Mereka memecah zat bahan organik kompleks menjadi zat sederhana yang digunakan tumbuhan untuk berbagai aktivitas metabolisme. Saprofit tidak dapat membuat makanannya sendiri. Namun, juga tidak sepenuhnya bersifat parasit yang menyebabkan penyakit bagi organisme lain.

Saprofit Merupakan Dekomposer

Saprofit mengurai materi organik yang mati dan membusuk dengan pencernaan ekstraseluler. Kemampuan saprofit dalam mengurai sisa organisme, membuatnya menjadi pengurai atau dekomposer dalam rantai makanan. Mereka melepaskan cairan pencernaan ke lingkungan sekitar dan memecah bahan organik menjadi zat yang lebih sederhana. Kemudian sebagian unsur diserap oleh bakteri sebagai makanan dan juga sebagian dikembalikan ke alam untuk digunakan oleh makhluk hidup selanjutnya.

Contoh Saprofit

Kapang 

Kapang merupakan jamur saprofit yang tumbuh pada bahan organik yang membusuk, terutama bahan yang banyak mengandung karbohidrat. Kapang banyak ditemukan pada roti basi, sayuran dan kotoran.

Ragi 

Ragi pada umumnya ditemukan pada zat manis. Ragi dapat ditemukan dalam jus anggur, nektar bunga, dan kebun anggur, dalam jumlah besar. Ia berkembang biak dengan bertunas dalam kondisi yang menguntungkan.  

Penisillium

Penisillium tumbuh pada benda-benda yang membusuk seperti roti, selai, jeli, buah-buahan, sayuran, serta pada sepatu yang lembap.

Kesimpulan

Saprofit adalah pengurai atau dekomposer karena mereka memakan benda mati dan membusuk. Kondisi yang sesuai diperlukan untuk pertumbuhan saprofit yang optimal. Saat mereka memiliki akses yang cukup terhadap air, mereka akan tumbuh dengan baik. Saprofit tidak tumbuh subur pada kondisi basa. Mereka tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang netral atau sedikit asam. Biasanya harus ada oksigen karena sebagian besar saprofit tidak dapat tumbuh dalam kondisi anaerobik.

Daftar Pustaka

Apakah pengertian saprofit? (n.d.). Roboguru. Retrieved September 14, 2023, from https://roboguru.ruangguru.com/question/apakah-pengertian-saprofit-_QU-9ZK02SJF Bakteri Saprofit: Pengertian, Peran pada Rantai Makanan, dan Contohnya. (2022, May 12). KOMPAS.com. Retrieved September 14, 2023, from https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/12/160736569/bakteri-saprofit-pengertian-peran-pada-rantai-makanan-dan-contohnya Saprofit. (n.d.). Universitas STEKOM Semarang. Retrieved September 14, 2023, from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Saprofit Saprophytes - An Overview of Saprophytic Nutrition. (2020, June 8). BYJU'S. Retrieved September 14, 2023, from https://byjus.com/biology/saprophytes/

20
190
Raja Mataram Memerintah Sehari?

Raja Mataram Memerintah Sehari?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtebFtNMQHBVPm_nTy9c-BLN7W8Ju7AWS0Rh83wD6mA_=s96-c
Hayzalia
3 months ago
Sayyida Al Hurra dari Andalusia

Sayyida Al Hurra dari Andalusia

1714290832.png
Azhnrkhlf
1 year ago
Dekat Namun Jauh (Prolog)

Dekat Namun Jauh (Prolog)

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
8 months ago
Cara Unik Gurita untuk “mencicipi” rasa

Cara Unik Gurita untuk “mencicipi” rasa

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Urip iku Urup

Urip iku Urup

1714468629.jpeg
Zakiyy
5 months ago