R. Gatot Susilo 1 year ago
rgs02 #budaya

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Penetapan hari lahir pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan tersebut memiliki tujuan agar seluruh elemen bangsa Indonesia tidak luput bahwa pancasila sebagai ideologi bangsa. Tahun 2017, Hari lahir pancasila tidak dirayakan pada 1 Juni 2017 saja, sejak dulu pemerintah sering mengadakan Pekan Pancasila sejak 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

Sejarah Lahir Pancasila

1 Juni 1945, Soekarno mengutarakan tentang gagasannya mengenai dasar negara di depan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapakan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam waktu yang sama, saat itu BPUPKI sedang melaksanakan sidang kedua dalam mempersiapkan dasar negara untuk Indonesia.

Sang proklamator pun menyampaikan gagasannya yang bertajuk “Lahirnya Pancasila”. Uniknya pada Soekarno menyampaikan pidatonya, pidato tersebut belum lah memiliki judul, hingga mantan ketua BPUPKI, Dr. Radjiman Wedyodiningrat memberikan sebuah judul “Lahirnya pancasila”. 

Pidato yang disampaikan oleh Soekarno juga ternyata disampaikan secara langsung (aklamasi), narasi yang diungkapkan oleh Soekarno ketika dituliskan bisa mencapai sebanyak 17 halaman.

Konsep Awal Pancasila

Dalam pidato yang disampaikan soekarno, menjadi konsep dan rumusan awal sebagai dasar negara Indonesia, setelah menyampaikan pidatonya, gagasan yang disampaikan pun diterima oleh para Anggota BPUPKI.

29 Mei 1945, BPUPKI menggelar rapat pertama untuk membahas dasar negara, namun pada kesempatan itu para anggota belum mendapatkan satu kesepakatan terkait konsep dasar negara.

18 Agustus 1945, setelah melalui perbincangan panjang mengenai dasar negara, Pancasila dinyatakan sah dan resmi menjadi dasar negara Indonesia.

5
1.9K
Bernhaard Rieman, bukan hanya perhitungan

Bernhaard Rieman, bukan hanya perhitungan

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Islandia bertumbuh 5 cm setiap tahun

Islandia bertumbuh 5 cm setiap tahun

defaultuser.png
Adila
7 months ago
Menjadi Buah Utrujah

Menjadi Buah Utrujah

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Ubi Jalar pengganti Beras

Ubi Jalar pengganti Beras

1691587270.jpg
Andreans
8 months ago
Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

1707266435.jpeg
VINOKIO
8 months ago