Si Hijau Pandan Wangi

Pandan Wangi dan segala tentangnya.

2024-08-15 12:55:00 - kharisma

Peran Si Hijau Pandan Wangi


Pandan wangi memiliki nama latin pandanus amaryllifolius. Tanaman yang satu ini hidup di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman, di kebun, dan di pekarangan rumah. Pandan wangi merupakan jenis tanaman monokotil dan daunnya memiliki wangi yang sangat khas. Biasanya, daun pandan wangi ini sering dijadikan sebagai campuran bahan makanan rakyat Indonesia. Selain untuk campuran makanan, pandan wangi juga dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan.


Panjang dari daun pandan wangi adalah 40-80 cm, sementara lebarnya adalah 3-5 cm. Di ujung daunnya terdapat duri kecil, sehingga kita harus berhati-hati saat memegangnya. Helai daunnya berbentuk pita memanjang dan tipis. Akar dari tumbuhan ini berjenis akar tunggang yang dapat berguna untuk menopang tanaman ini apabila sudah cukup besar. Pandan wangi memiliki senyawa metabolit sekunder yang dapat membantu secara tidak langsung dalam fotosinteis, respirasi, dan lain-lain. Senyawa tersebut terdiri dari alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol.


Batang tanaman pandan merupakan jenis batang bercabang. Daun dari tanaman pandan memiliki rasa yang khas, yaitu rasa manis. Daun dari pandan wangi bisa dikatakan seperti daun palem, karena daunnya memanjang dan tersusun secara roset yaitu susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan. Aroma harum yang khas tercium kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering. Pandan wangi termasuk kingdom plantae-genus pandanus.


Dari observasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pandan wangi memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat di bidang kesehatan sendiri antara lain adalah air rebusannya bisa di gunakan untuk obat alami pereda nyeri, mengatasi insomnia, dan mengobati luka ringan. Sedangkan di bidang boga, pandan wangi juga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat pandang wangi antara lain sebagai bahan pengharum atau pewangi makanan, untuk pewarna makanan alami yaitu warna hijau, dan bisa digunakan sebagai komponen penghias makanan. Selain itu, masih banyak lagi manfaat pandan wangi yang dapat kita gunakan di kehidupan sehari-hari.



Sumber


Wikipedia. 2024. “Pandan wangi”. Wikipedia, 9 maret 2024, dilihat 7 Agustus 2024. <https://id.wikipedia.org/wiki/Pandan_wangi>.


Anggota :

-Kharisma Puspa Warda Aulia

-Rizky Arianti

More Posts