ALE-ALE 6 months ago
ale ngemis like #sains

Teknologi

sebenarnya apa itu teknologi sih?

Mungkin kalian sering mendengar handphone, laptop, chromebook itu teknologi. Memang sebenarnya teknologi itu apa sih?

Oke, kali ini saya akan membahas teknologi. sebelum itu, kalian tau gak arti teknologi itu apa?

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi itu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Ternyata teknologi berasal dari bahasa Yunani loh, yang berasal dari kata terchnologia yang berasal dari techno yang artinya keahlian dan logia yang artinya pengetahuan. siapa yang baru tau?

Tetapi umumnya arti dari teknologi itu penerapan pengetahuan ilmiah yang tujuannya agar praktis dalam kehidupan manusia atau pada perubahan dan manipulasi lingkungan manusia.

pada zaman ini, hampir semua manusia membutuhkan teknologi, bisa juga menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Karena adanya teknologi yang bisa mempermudah orang untuk melakukan aktivitas yang menjadi lebih mudah.

Gimana teman-teman? Paham dengan arti teknologi?

Bisa kita simpulkan, teknologi adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang sebuah seni, kerajinan, atau keterampilan tertentu.

Tentu saja menurut pendapat orang-orang. Ingin mendengar pendapat para ahli tentang teknologi? ini dia pendapat-pendapatnya:

  • Menurut Berniker (1987), teknologi adalah sesuatu pengetahuan dan di dalamnya ada metode, seni, dan cara kerja untuk membangun dunia.
  • Teknologi menurut Seattler (2004) adalah pengetahuan praktis tersistematis untuk meningkatkan produksi barang dan jasa dan diwujudkan dalam dalam kemampuan yang produktif, organisasi, atau mekanika, berdasarkan riset dan/atau teori ilmiah.
  • Berdasarkan pendapat Siemens dan Tittenberger (2009), teknologi adalah sebuah cara mewujudkan pikiran dengan mendesain peralatan (yang memudahkan kehidupan).

pada jaman dahulu, belum ada yang namanya teknologi karena pada zaman dahulu mereka tidak mengenal listrik, lampu, AC ataupun yang lainnya. Mereka jika ingin mengantarkan sesuatu tidak menggunakan mobil, tapi jalan atau menaiki hewan. mereka jika ingin membuat rumah tidak memakai kendaraan besar seperti excavator atau yang lainnya, melainkan menggunakan alat-alat yang seperti kapak, sekop atau yang lain-lain

mungkin penjelasan dari saya segitu saja mohon maaf jika ada salah kata. Jika kalian masih tidak paham bisa baca artikel-artikel yang ada di GIGA maupun di google.

terima kasih.


Sumber:

Apa itu Teknologi? Simak Pengertian dan Manfaatnya Berikut (dicoding.com)

Pengembangan Teknologi Kedokteran untuk Transformasi Teknologi Kesehatan - Kompasiana.com>

13
421
SEDEKAH BUMI "Apitan"

SEDEKAH BUMI "Apitan"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
9 months ago
Klasifikasi tanaman

Klasifikasi tanaman

1706491159.jpeg
sunshine
1 month ago
Tumbuhan Bertasbih

Tumbuhan Bertasbih

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Literasi Digital dalam Kebhinekaan Bangsa (serial TUGAS)

Literasi Digital dalam Kebhinekaan Bangsa (serial TUGAS)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 month ago
Chocolate: A Delicious Treat with Health Benefits

Chocolate: A Delicious Treat with Health Benefits

defaultuser.png
Adila
8 months ago