shysyashykira #bahasa

Time is Expensive

Menjelaskan tentang waktu dan berbagai macam cara untuk memanfaatkan waktu

Waktu dan Kamu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1977), waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan atau kejadian, atau lama berlangsungnya kejadian. 

Waktu merupakan komoditas yang terbatas, semua orang mempunyai waktu yang sama dan terbatas, yaitu 24 jam atau 86.400 detik setiap hari. Namun, tidak semua orang dapat memanfaatkan waktu mereka dengan baik. Banyak sekali orang yang justru membuang waktu tersebut dengan cara percuma. Hal itu menunjukkan bahwa tidak semua orang mampu mengatur waktunya dengan baik.

Memanfaatkan Waktu

Waktu adalah hadiah terindah dari Tuhan secara cuma-cuma, kamu harus menggunakan waktu sepenuhnya untuk investasi masa depanmu, kamu tidak bisa menabung atau menyimpan waktumu. Waktu tidak akan pernah kembali. Jika kamu menghabiskan waktu dengan bersedih atas masalah yang kamu punya, kamu akan merasa rugi karena kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan kebahagiaan. Kamu harus bisa memanfaatkan waktumu. Tidak ada yang bisa menggantikan kerugianmu karena kehilangan waktu. Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan waktumu dengan bijaksana. Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia, karena waktu tidak dapat diputar kembali.

Pentingnya Mengelola Waktu

Jika kamu ingin meraih kesuksesanmu, kamu harus mampu mengelola waktumu dengan baik. Kesuksesanmu memang ditentukan oleh banyak faktor. Namun, pengelolaan waktu adalah faktor yang penting dalam menentukan kesuksesanmu. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk mengatur waktu mereka. Ada yang memprioritaskan waktu untuk melakukan hal-hal yang akan berpengaruh baik di masa depannya. Ada juga orang yang menghabiskan waktunya yang kelak akan disesalinya suatu saat nanti. Yang jelas, cara mereka menghabiskan waktu menentukan kualitas hidup mereka.

Pengelolaan waktu adalah salah satu kemampuanmu untuk mengelola, mengatur, menyusun, serta menghabiskan waktumu dengan cara yang efektif dan produktif. Waktu yang dihabiskan dengan cara sia-sia tidak dapat disebut sebagai pengelolaan waktu yang baik.

Waktu sangatlah berharga dalam hidupmu. Bedanya, uang bisa kembali jika hilang atau kamu mendapatkan gantinya. Sedangkan waktu yang hilang mau sampai kapanpun itu, waktu tidak akan kembali, tidak bisa diulang dan tergantikan.

Keuntungan Mengelola Waktu

Jika kamu dapat mengelola waktumu, kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik. Semakin baik kamu mengatur pekerjaannya, semakin efisien juga waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan. Artinya, kamu masih mempunyai banyak waktu untuk melakukan hal lain yang bersifat produktif.

Sebenarnya, waktu semua orang di dunia itu terbatas dan semakin bertambah juga tugas-tugasmu. Oleh karena itu, mengelola waktu juga penting untuk membantumu bekerja lebih efektif dengan skala prioritas. Bahkan, kamu dapat bisa terhindar dari stres.

Mengelola waktu juga menghindari dari 'tabrakan' waktu, jika kamu dapat menyusun jadwal kegiatanmu dan tahu tujuan hidupmu. Kamu akan terbiasa disiplin dengan jadwal rutin yang telah kamu susun. Pastikan kamu mengelola waktumu dengan baik, jangan sampai kamu menyesali apa yang kamu lakukan sekarang dan suatu hari nanti.

Sura dan Baya : Asal Usul Surabaya

Sura dan Baya : Asal Usul Surabaya

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Bahaya Jejak Digital

Bahaya Jejak Digital

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
1 year ago
Apa itu Darah?

Apa itu Darah?

1724635268.jpeg
llovie
1 year ago
Butterfly Nebula

Butterfly Nebula

1724635268.jpeg
llovie
1 year ago
Peradaban Maju Bukan Halangan untuk Mendalami Agama Islam

Peradaban Maju Bukan Halangan untuk Mendalami Agama Islam

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
1 year ago