tareem-yaman

Hari Jum'at Sayyidul Ayyam

Apa itu Sayyidul Ayyam?

Penghulu hari (sayyidul ayyam) adalah hari Jum’at, dan ialah seagung-agungnya hari bagi Allah SWT, disebut juga sebagai rajanya hari. 

Hari Jum’at juga disebut sebagai Hari Rayanya orang mukmin,

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sesungguhnya hari Jum’at adalah ied (Hari Raya), maka jangan jadikan hari raya kalian untuk berpuasa kecuali bila kalian berpuasa sebelum dan sesudahnya”. (HR Ahmad).

Hari Jum’at merupakan hari yang penuh keberkahan. Di hari ini Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluakannya dari surga ke bumi. Pada hari Jum’at pula Nabi Adam wafat. 

Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan. Dimana Allah mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu.

Di antara keberkahan hari Jum’at bahwa di dalamnya terdapat waktu-waktu yang mustajab untuk berdo’a. Terdapat hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : 

“فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.”

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. ‘Lalu beliau memberi isyarat dengan tangan-Nya yang menunjukkan sedikit waktu itu.”

Hari Jum’at disebut hari Agung. Karena pada hari itu ada sebuah momen yang membuatnya spesial dari hari lainnya, bahkan hari Kiamat pun terjadi di hari Jum’at. Hari kiamat merupakan akhir dari seluruh kehidupan makhluk di muka bumi ini.

Sabda Rasulullah dari Aus yang menjelaskan : “Hari yang paling utama adalah hari Jum’at. Pada hari tersebut Adam diciptakan, dicabut nyawanya, ditiup sangkakala, dan terjadi kiamat. Maka, banyaklah bersholawat kepadaku karena sholawat kalian disampaikan kepadaku.”

(HR Abu Dawud, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah).” 

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kita melakukan beberapa amalan atau sunnah-sunnah di hari Jum’at beberapa di antaranya yakni : Memperbanyak bersholawat kepada Nabi SAW, Mambaca Surah Al-Kahfi, Mandi Jum’at, Bersiwak, Memotong kuku, dan mencukur kumis, Memperbanyak dzikir dan do’a, Memperbanyak beramal contohnya bersedekah, Berangkat sholat Jum’at lebih awal, dan Mengenakan pakaian terbaik.



15
193
Sifat Bergantung

Sifat Bergantung

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxYKZ-s4XsIaC9Al3R5ep1uEBVAvHMkuM9MhZQxr=s96-c
Afra Septi Kania
1 year ago
Dari Metafisika ke dunia Metakimia

Dari Metafisika ke dunia Metakimia

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Umbi Porang: Bahan Pangan Pokok Pengganti Nasi

Umbi Porang: Bahan Pangan Pokok Pengganti Nasi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdxpb1bzzGD_VDemj50b46gzPHGbHcl34hctI-af4zOQZ8=s96-c
Andini Aliyah Putri Putri
8 months ago
Mantyasih Mataram

Mantyasih Mataram

defaultuser.png
Sasa am
3 months ago
Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago