llovie 8 months ago
l-vobe #sains

Apa itu Darah?

Memang gunanya darah buat tubuh apa sih?

Dalam sehari, kira-kira sekitar 4,5 liter darah beredar di dalam tubuh kita. Darah itu terbuat dari cairan dan padatan. Bagian cair disebut Plasma yang terbuat dari air, garam dan protein. Lebih dari setengah darah manusia terdiri dari plasma. Sedangkan, bagian padat dari darah mengandung sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Plasma darah adalah cairan berwarna kekuningan yang tugasnya membawa sel darah merah. Selain itu, plasma darah membawa nutrisi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh dan proses pembekuan darah. Sebagian besar plasma darah terdiri dari 92% air dan 8% lainnya adalah bahan-bahan penting seperti protein, glukosa, imunoglobulin dan elektrolit.

Plasma darah memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti:

  1. Mengangkut limbah. Plasma darah bertugas membantu sel tubuh membuang limbah hasil metabolisme untuk menghasilkan energi. Setelah itu, limbah akan dibawa plasma darah ke area tubuh lainnya, seperti ginjal atau hati untuk dibuang.
  2. Menjaga keseimbangan cairan tubuh. Plasma darah mengandung banyak protein, tapi komponen utama yang paling penting adalah albumin dan fibrinogen. Nah, albumin inilah yang menjaga keseimbangan cairan tubuh dan protein bertugas mempertahankan cairan dalam pembuluh darah.
  3. Membantu proses pembekuan darah. Plasma darah juga mengandung fibrinogen yang membantu proses pembekuan darah.
  4. Menjaga suhu tubuh. Plasma darah berperan dalam menjaga suhu tubuh. Fungsinya ini dilakukan dengan cara menyerap atau melepaskan panas sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain cairan, di dalam darah juga terdapat bagian padat yang mengandung sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Sel darah merah bisa disebut eritrosit, tugas sel darah merah adalah untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan dan organ. Lalu, ada sel darah putih atau biasa disebut leukosit bertugas untuk melawan infeksi dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sedangkan yang terakhir, ada trombosit yang membantu proses pembekuan darah. Seperti saat kita terluka, maka trombosit akan segera melakukan pembekuan darah untuk menghentikan darah yang terus keluar dan mempercepat pertumbuhan baru sehingga luka cepat sembuh.

Nah, di sinilah peran darah. Yaitu membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh sehingga berbagai organ dapat terus bekerja. Darah juga membawa karbon dioksida dan bahan limbah lainnya ke paru-paru, ginjal, dan sistem pencernaan untuk dikeluarkan dari tubuh. Wah, ternyata darah memiliki peran penting dalam hidup kita, ya? Ayuk, kita bantu darah supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik di dalam tubuh kita.

Daftar Pustaka:

Bella, Airindya. 2022. "Mengenal Plasma Darah dan Fungsinya bagi Tubuh". Alodokter, 18 April 2022, dilihat 7 September 2023. <https://www.alodokter.com/mengenal-plasma-darah-dan-fungsinya-bagi-tubuh>

14
254
Unik! Desa ini Menggunakan Bahasa Burung dalam Berkomunikasi

Unik! Desa ini Menggunakan Bahasa Burung dalam Berkomunikasi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
Resensi Cerpen berjudul "Aku dan Elmyra" karya Afra Septi Kania

Resensi Cerpen berjudul "Aku dan Elmyra" karya Afra Septi Kania

defaultuser.png
Adila
5 months ago
Princess Diana, Princess of Wales

Princess Diana, Princess of Wales

1706238318.jpeg
idk
7 months ago
Tumbuhan Bertasbih

Tumbuhan Bertasbih

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Mengapa Serigala Tidak Bermain Sirkus?

Mengapa Serigala Tidak Bermain Sirkus?

1709266450.jpeg
Nasywa A.
9 months ago