sunshine 7 months ago
imda-rahayu #sains

Asteroid

Planet kecil?

Asteroid adalah benda yang terbuat dari batu yang mengorbit kepada matahari. Ukuran asteroid berkisar hingga 975 km, asteroid terkecil yang pernah dipelajari berukuran 2 meter. sebagian besar asteroid tidak berbentuk teratur, seperti halnya batuan di bumi yang bentuknya tidak beraturan. Ilmuwan menjelaskan bahwa bentuk dari kebanyakan asteroid hampir serupa dengan kentang.

Kebanyakan asteroid di tata surya kita mengorbit Matahari di antara orbit Mars dan Jupiter. Bagian tersebut dalam tata surya disebut dengan sabuk asteroid.

Ada jutaan jumlah asteroid. Beberapa yang telah dipelajari telah diberi nama. Asteroid terbesar disebut dengan Ceres, Ceres ditemukan pada tahun 1801. Ketika Ceres ditemukan, ilmuwan berpikir itu adalah planet baru. Karena Ceres terlihat jauh lebih kecil dari sebuah planet, istilah asteroid diperkenalkan. Ceres terlihat seperti planet yang kecil. Bentuknya bulat, berdiameter 975 km, dan tertutup kawah. Ceres juga memiliki inti, mantel, dan kerak seperti beberapa planet pada umumnya. Para ilmuwan berpendapat bahwa Ceres akan menjadi sebuah planet jika terus berkembang selama pembentukan tata surya.

Asteroid Itokawa adalah salah satu dari asteroid terkecil di tata surya. Asteroid Itokawa memiliki panjang 530 m dan lebar 250 m. Di tahun 2005, sebuah pesawat luar angkasa mengumpulkan sampel dari permukaan Itokawa. Itu adalah asteroid terkecil yang dikunjungi saat itu. Itokawa tampaknya terbuat dari bongkahan batu. Bongkahan batu ini tampaknya berasal dari planet yang terkena dampak rusak. Gaya gravitasi yang menyatukan bongkahan batuan tersebut lemah karena asteroid merupakan benda yang relatif kecil.

Beberapa asteroid terbuat dari sepotong batu. Ilmuwan mengetahui hal tersebut karena asteroid adalah benda yang kecil dan berputar dengan cepat. gaya gravitasi pada asteroid-asteroid ini terlalu lemah untuk menyatukan potongan-potongan batuan.

14
234
Buah dari Keikhlasan

Buah dari Keikhlasan

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
8 months ago
Lukisan Asa Para Pejuang

Lukisan Asa Para Pejuang

1712062096.jpg
ラファエル
8 months ago
Keris, Warisan Budaya dari Tanah Jawa

Keris, Warisan Budaya dari Tanah Jawa

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Kisah Diqi: Api Kelulusan (Cuplikan)

Kisah Diqi: Api Kelulusan (Cuplikan)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
8 months ago
Planet J1407b

Planet J1407b

1705726507.jpg
Rakha Bibit Pramono
8 months ago