Apa itu Teknologi Blockchain?

Yuk, lebih mengenal tentang teknologi blockchain

2023-05-22 14:16:40 - printoutln("Kaka")

Teknologi blockchain merupakan mekanisme basis data lanjutan, data ini membagikan informasi secara transparan. Data blockchain sendiri seperti blok yang dihubungkan dari satu rantai ke rantai lain. Sehingga, anda dapat melacak pembayaran, transaksi, akun, dan lainnya. Oleh karena itu, blockchain merupakan salah satu teknologi yang paling berguna di masa kini.

Sepenting itukah blockchain terhadap basis data yang kita gunakan?

Jika kasusnya adalah dalam hal transaksi jual-beli properti dan tidak menggunakan teknologi blockchain bisa kita ibaratkan seperti ini. Setelah uang dibayarkan, kepemilikan properti dialihkan ke pembeli. Namun, tidak ada sumber yang dapat dipercaya, meskipun kedua pihak tersebut bisa mencatat transaksi dari pembeli tersebut. Sehingga dibutuhkan pihak ketiga yang dapat dipercaya. Namun, jika data dari pihak ketiga diretas, data transaksi tersebut juga bisa hilang.

Dengan blockchain, kita bisa menyelesaikan masalah tersebut. Dalam kasus tersebut, blockchain membuat data atau bisa kita sebut buku yang besar. Masing-masing untuk penjual dan pembeli. Seluruh transaksi harus disetujui dari kedua belah pihak dan baru akan diperbarui di data dari masing-masing penjual dan pembeli. Teknologi blockchain ini sudah digunakan di berbagai sektor, termasuk mata uang Bitcoin.

More Posts