Salah satu pesawat terbagus yang saya pernah coba.
Boeing 777, umumnya disebut sebagai Triple Seven, adalah pesawat berbadan lebar jarak jauh Amerika yang dikembangkan dan diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes. Boeing 777 adalah pesawat berbadan lebar dengan dua kabin terbesar di dunia dan pesawat berbadan lebar yang paling banyak dibuat. Pesawat jet ini dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara pesawat berbadan lebar Boeing lainnya, yaitu 767 bermesin ganda dan 747 bermesin empat, serta untuk menggantikan pesawat jet DC-10 dan L-1011 yang sudah tua. Dikembangkan melalui konsultasi dengan delapan maskapai penerbangan besar, program 777 diluncurkan pada Oktober 1990, dengan pesanan dari United Airlines. Prototipe pesawat diluncurkan pada bulan April 1994, dan terbang perdana pada bulan Juni tahun itu. Boeing 777 mulai beroperasi dengan operator peluncuran United Airlines pada bulan Juni 1995. Varian jarak jauh diluncurkan pada tahun 2000, dan pertama kali dikirim pada tahun 2004.
Triple Seven dapat mengakomodasi tata letak tempat duduk sepuluh baris dan memiliki kapasitas 3-kelas yang terdiri dari 301 hingga 368 penumpang, dengan jangkauan 5.240 hingga 8.555 mil laut (nmi) (9.700 hingga 15.840 km; 6.030 hingga 9.840 mil). Pesawat jet ini dikenal dengan mesin turbofan berdiameter besar, ujung sayap yang runcing, enam roda pada setiap roda pendaratan utama, penampang badan pesawat yang melingkar penuh, dan kerucut ekor berbentuk pisau. Boeing 777 menjadi pesawat Boeing pertama yang menggunakan kontrol fly-by-wire dan menggunakan struktur komposit karbon di bagian ekor pesawat.
Pesawat 777 dengan berat lepas landas maksimum (MTOW) 545.000-660.000 lb (247-299 t) diproduksi dalam dua ukuran panjang badan pesawat: 777-200 yang pertama diikuti oleh -200ER yang lebih panjang pada tahun 1997; dan 777-300 yang lebih panjang 33,25 kaki (10,13 m) pada tahun 1998. Pesawat-pesawat ini kemudian dikenal sebagai 777 Classics dan ditenagai oleh mesin General Electric GE90, Pratt & Whitney PW4000, atau Rolls-Royce Trent 800 berkekuatan 77.200-98.000 lbf (343-436 kN). Pesawat jarak jauh 777-300ER, dengan MTOW 700.000-775.000 lb (318-352 t), mulai beroperasi pada tahun 2004, pesawat jarak jauh 777-200LR pada tahun 2006, dan pesawat kargo 777F pada tahun 2009. Varian 777 generasi kedua ini memiliki ujung sayap yang diperpanjang dan ditenagai secara eksklusif oleh mesin GE90 berkekuatan 110.000-115.300 lbf (489-513 kN). Pada bulan November 2013, Boeing mengumumkan pengembangan 777X generasi ketiga (varian termasuk 777-8, 777-9, dan 777-8F), yang menampilkan sayap komposit dengan ujung sayap yang dapat dilipat dan mesin General Electric GE9X, dan dijadwalkan untuk pengiriman pertama pada tahun 2026.
Pada tahun 2018, Emirates adalah operator terbesar dengan armada 163 pesawat. Hingga Desember 2024, lebih dari 60 pelanggan telah memesan 2.303 pesawat 777 di semua varian, di mana 1.741 di antaranya telah dikirim. Hal ini menjadikan 777 sebagai pesawat berbadan lebar terlaris, sementara varian terlarisnya adalah 777-300ER dengan 833 pesawat yang telah dikirim. Pesawat ini awalnya bersaing dengan Airbus A340 dan McDonnell Douglas MD-11; sejak 2015, pesawat ini terutama bersaing dengan Airbus A350. Varian 777-200 generasi pertama akan digantikan oleh 787 Dreamliner Boeing. Hingga Mei 2024, 777 telah terlibat dalam 31 kecelakaan dan insiden penerbangan, termasuk lima kecelakaan kehilangan lambung pesawat dari delapan total kehilangan lambung pesawat dengan 542 korban jiwa, termasuk 3 korban jiwa di darat.
Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf ya.