frey✩ 7 months ago
freya amsa #sains

Buang Gas Bisa Menurunkan Berat Badan

Benar atau benar?

Kata orang,

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah buang gas.

Buang gas atau yang biasa dikenal dengan istilah kentut cenderung membuat orang yang melakukan dan orang di sekitarnya merasa resah, karena takut akan mengeluarkan bunyi dan bau yang tak sedap. Namun ada anggapan yang menyatakan bahwa buang gas merupakan suatu aktivitas yang memiliki dampak pada penurunan berat badan, loh! Benar atau tidak?

Anggapan ini mulai pada tahun 2015 silam tatkala orang-orang mengklaim bahwasanya sekali buang gas dapat membakar 67 kalori, sementara jika membuang sebanyak 52 kali dapat membakar satu pon lemak. Apakah benar demikian? Jawabannya adalah tidak. Itu hanyalah anggapan belaka. Kalau hal itu memang benar adanya, ketika kita menghela napas, otomatis kita juga sedang membakar kalori, dong.

Kok Bisa?

Meskipun setelahnya jadi merasa lebih lega, kalori tidak akan terbakar melalui gas tersebut. Hal itu terjadi hanya karena tekanan gas yang awalnya di perut telah terdorong ke arah bawah, yang membuat otot-otot jadi terasa lebih rileks.

Ini Menurut Ahli:

Spencer Nadolsky, D.O, pakar obesitas dari American Board of Obesity Medicine menyebutkan bahwa buang gas tidak bisa membuang kalori. Karena rata-rata setiap orang memiliki 0,5 sampai 1,5 liter gas yang tertahan di saluran pencernaan setiap harinya.

Sementara menurut Michael Rice, ahli gastroenterologi dari University of Michigan, Amerika Serikat, rata-rata orang mengeluarkan gas sebanyak 14 kali dalam sehari tanpa kalori yang terukur.

Nah, begitu kira-kira. Jika ingin berat badannya turun, kita harus mengeluarkan effort untuk mencapainya. Seperti berolahraga teratur, memperbanyak asupan serat, mengurangi kadar konsumsi gula dan karbohidrat, dan lain sebagainya.

Sekian~.

Referensi & sumber:

Kentut Dapat Menurunkan Berat Badan. Fakta atau Mitos?. Fakta dan Mitos. https://fadami.indozone.id/news/441347982/kentut-dapat-menurunkan-berat-badan-fakta-atau-mitos. (Diakses pada 4 September 2023).


Menyingkap Fakta Dibalik Mitos Kentut Bisa Bakar Kalori. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180828144124-255-325504/menyingkap-fakta-di-balik-mitos-kentut-bisa-bakar-kalori. (Diakses pada 4 September 2023).


Widianingsih, Tya. 2019. "Benarkah Sering Kentut Bisa Menurunkan Berat Badan?". guesehat.com, 1 Juli 2019, dilihat pada 4 September 2023. <https://www.guesehat.com/benarkah-sering-kentut-bisa-bakar-kalori>.

14
210
SUKSES BERAWAL DARI SEBUAH KERJA KERAS

SUKSES BERAWAL DARI SEBUAH KERJA KERAS

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
4 months ago
RABBIT

RABBIT

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
8 months ago
Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

1707117993.jpeg
Hafizh
7 months ago

Coronavirus Disease

Mengenang pandemi COVID-19 sesaat.

defaultuser.png
Shatara Cetta MG
8 months ago
Makan dan Minum

Makan dan Minum

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
7 months ago