R. Gatot Susilo 1 year ago
rgs02 #sains

Dari Metafisika ke dunia Metakimia

Tahun 1940 Alfred Nordmann menuliskan esai yang berbincang tentang metafisika ke metakimia, yang menceritakan bahwa Gaston Bachelard membahas tentang La Philosophie du non. Karya tulis ini diterjemahkan dalam beberapa bahasa seperti Jerman, Amerika dan bahasa lainnya.

Pendapat bachelard menyatakan bahwa dengan adanya praktik eksperimen baru dalam sains ini menimbulkan cara berpikir yang baru dalam mengidentifikasi, menyimpulkan serta menempatkan sudut pandang dalam sebuah peristiwa, sehingga dalam upaya mencari ilmu yang baru dibutuhkan konsep pemikiran yang lebih mendalam atau mengakar.

Bachelard kemudian mengenalkan sebuah filosofinya yang berkaitan dengan “non” yang dipandang sebagai upaya untuk mencoba mengetahui sesuatu yang penting dari ilmu baru sehingga nantinya akan menciptakan filsafat baru dari ilmu baru yang telah diungkapnya.

Filosofi “non” yang diperkenalkan oleh bachelard ini memprediksi bahwa dalam pandangan filsafat kimia, metakimia akan berhubungan dengan metafisika. Esai yang ditulis oleh Alfred Nordmann menjelaskan mengenai penjelasan bechelard mengenai metakimia.

Metakimia sendiri sebenarnya sudah direalisasikan secara menyeluruh oleh Bruno Latour dalam karyanya yang bertajuk “Risalah Kimia” namun Bachelard ingin mencoba untuk mengetahui hubungan antara metakimia dan metafisika seperti hubungan antara fisika dan kimia.

“Metaphysics could have only one possible notion of substance because the elementary conception of physical phenomena was content to study a geometrical solid characterized by general properties. Metachemistry will benefit by the chemical knowledge of various substantial activities. It will also benefit by the fact that true chemical substances are the products of technique rather than bodies found in reality. This is as much as to show that the real in chemistry is a realization.” -Bachleard
5
2.8K
DARI KULI  BANGUNAN MENJADI PENGUSAHA SUKSES

DARI KULI BANGUNAN MENJADI PENGUSAHA SUKSES

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
2 months ago
Introvert/Extrovert?

Introvert/Extrovert?

1705892559.jpeg
jasmine
8 months ago
Desa Muara Enggelam

Desa Muara Enggelam

1704845170.png
帅气的尼汉 Han
2 months ago
Jalan Bukti

Jalan Bukti

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
5 months ago
Mengenal Lebih Dekat "Mata Minus"

Mengenal Lebih Dekat "Mata Minus"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
7 months ago