R. Gatot Susilo 1 year ago
rgs02 #budaya

Software dalam Diri

Manusia bernilai adalah manusia yang beriman dan berilmu. Kita sebut saja iman dan ilmu ini “software” yang harus diinstall dalam diri kita. Manusia akan diangggap ‘berharga’ manakala software yang diinstall dalam dirinya banyak dan bermanfaat.

Dua orang pelajar, kita analogikan dengan dua buah komputer, fisiknya sama. Fisik komputernya sama. Komputer yang satu hampa software, dan komputer lainnya kaya software. Dapat dipastikan kinerjanya akan berbeda, bahkan jauh berbeda. Komputer yang kaya software akan menyelesaikan banyak masalah, akan banyak membantu kinerja manusia, akan digunakan banyak orang, akan lebih bermanfaat bagi penggunanya. Tapi komputer yang hampa software, hanya setumpuk rongsokan yang tidak berguna, meski fisiknya dihias lebih bagus, diganti dengan casing yang terbaru, tapi jika di dalamnya hampa software, hampa ilmu, maka tetap kurang berguna. 

Itulah gambaran manusia berilmu dan yang kurang berilmu (bodoh). Tinggal kita memilih mau menjadi komputer yang seperti apa, kaya software atau hampa software? Logika yang sehat tentu akan menjadikan diri kita sebagai komputer yang kaya software, kaya ilmu, full manfaat dan bersedia menjadi pelayan umat.

Pilihan selalu berbanding lurus dengan usaha, jika memilih menjadi manusia berilmu, maka keinginan itu harus berbanding lurus dengan prilaku keseharian kita. Bukan hanya sekedar keinginan, tapi juga dibarengi dengan usaha yang maksimal.

Mau pintar? Ya belajar!
3
1.9K
Untuk-Mu, Muhammad

Untuk-Mu, Muhammad

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Jalawure: Sumber Karbohidrat yang Terabaikan

Jalawure: Sumber Karbohidrat yang Terabaikan

1694832338.png
M. Robibbb
8 months ago
Olympus Mons

Olympus Mons

1692749144.jpg
ᴍ. ʀᴀғʟɪ
8 months ago
Desa Muara Enggelam

Desa Muara Enggelam

1704845170.png
帅气的尼汉 Han
2 months ago
Princess Diana, Princess of Wales

Princess Diana, Princess of Wales

1706238318.jpeg
lyssssaaaaaaaa
6 months ago