artículo Han 2 weeks ago
Kicotos line #bahasa

Densha otaku

Salah satu fenomena yang di benci oleh orang jepang

Densha otaku (電車オタク) adalah penggemar kereta api di Jepang yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sebagai bagian dari ketertarikan mereka pada kereta api. Atau disebut juga sebagai penggemar tetsudo (鉄道ファン), budaya ini diperkirakan memiliki hingga 2 juta peserta.

Bagai mana bisa terjadi

Sejarah penggemar kereta api di Jepang dapat ditelusuri kembali ke era Taisho ketika anak-anak, khususnya anak laki-laki, mulai tertarik pada kereta api secara massal. Pada era Shōwa, dua majalah khusus perkeretaapian diterbitkan untuk memenuhi minat yang berkembang pesat terhadap perkeretaapian Jepang, dengan majalah khusus penggemar kereta api pertama, Railway (鉄道), yang didirikan pada tahun 1929. Lokomotif yang disederhanakan seperti Kelas Pashina yang menjalankan Asia Express menjadi sangat populer di kalangan penggemar kereta api Jepang pada periode ini. Meningkatnya minat terhadap kereta api dan lokomotif uap telah dikaitkan dengan ekspansi Kekaisaran.


Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, dengan hilangnya kekaisaran dan pembatasan militer, perkeretaapian di negara itu menjadi simbol rekonstruksi nasional. Dalam konteks ini, Jepang pasca perang melihat kemunculan generasi pertama densha otaku. Fotografi menjadi media yang populer di kalangan penggemar kereta api Jepang dan, karena diperkenalkannya Shinkansen serta faktor sosial seperti pengaruh novel fiksi ilmiah populer, kereta api listrik menjadi semakin populer selama periode ini.


Periode ini juga menjadi awal lahirnya Majalah Japan Railfan yang populer. Japan Railfan Club (鉄道友の会) didirikan pada tahun 1953 dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang perkeretaapian di Jepang, menyediakan organisasi sosial bagi para penggemar kereta api, dan mempromosikan hobi ini di kalangan masyarakat umum. Sejak didirikan, klub ini telah menerbitkan majalah RAILFAN dan, pada tahun 1958 dan 1961, memperkenalkan penghargaan tahunan Blue Ribbon Award (ブルーリボン賞) dan Laurel Prize (ローレル賞).[8] Penghargaan yang pertama muncul setelah diperkenalkannya Odakyu 3000 seri SE dan umumnya diberikan kepada kereta ekspres. Untuk memperbaiki bias ini, penghargaan yang terakhir diperkenalkan untuk kereta komuter, yang kemudian diberikan sebagai pengakuan atas desain dan fitur teknologi yang luar biasa.

Traksi uap dihapuskan oleh Perkeretaapian Nasional Jepang pada tahun 1970-an yang memicu apa yang dikenal sebagai ledakan lokomotif uap, yang biasanya disebut sebagai SL Boom (SLブーム). Para otaku Densha bergegas untuk melihat lokomotif uap terakhir dengan mendokumentasikannya dalam bentuk film dan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam perekaman suara. Penggemar kereta api usia sekolah dikenal melakukan perjalanan jauh selama liburan, tidur di peron stasiun untuk memotret lokomotif uap sebelum ditarik dari layanan. Acara spesial 'perpisahan' yang dijadwalkan oleh JNR sering kali menarik perhatian para penggemar kereta api dan popularitas lokomotif uap selama SL Boom bahkan menyebabkan lokomotif uap tersebut dioperasikan kembali, terutama untuk para densha otaku, seperti di Jalur Koumi pada tahun 1973. Serial anime kultus Galaxy Express 999 juga dikreditkan dengan mempopulerkan kereta uap pada saat itu.


Sejak pertama kali diperkenalkan di stasiun Shinjuku dan Shibuya pada tahun 1989, eki-melo telah menjadi populer di kalangan densha otaku, dengan salah satu komposer Minoru Mukaiya yang secara teratur menarik banyak orang untuk menonton pertunjukannya.


Periode sejak akhir abad ke-20 disebut sebagai periode pasca-perkeretaapian oleh para sejarawan karena adanya pergeseran penekanan ke arah permainan kereta api digital dan produk kultus di antara para densha otaku. Pada awal abad ke-21, perkeretaapian menjadi semakin populer di kalangan masyarakat umum yang menyebabkan peningkatan jumlah densha otaku. Pada bulan Januari 2016, stasiun penyiaran pemerintah Cina, CCTV News, menampilkan sebuah cerita tentang sebuah stasiun pedesaan di Hokkaido yang tetap dibuka untuk digunakan oleh seorang siswi lokal sampai dia menyelesaikan studinya. Setelah menjadi viral, stasiun yang dimaksud, Kyū-Shirataki, menjadi tujuan populer bagi para densha otaku.

Asal usul

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf ya.

Bridge Girder

Bridge Girder

1725243180.png
artículo Han
10 months ago
Bersama kita jaga Indonesia!

Bersama kita jaga Indonesia!

1714290832.png
Azhnrkhlf
4 months ago
Vampir di Dunia Nyata

Vampir di Dunia Nyata

1726045596.jpeg
𝒽𝒶𝓃𝒾𝒾
1 year ago
Kaktus Acanthocereus Tetragonus

Kaktus Acanthocereus Tetragonus

https://lh3.googleusercontent.com/a/ACg8ocIuTqBwgPPX9BAU7G5ZFV7hHiJR8NJZD0A6hNM5hkt0FEkhfA=s96-c
Nabil
1 month ago
Kelebihan yang terabaikan

Kelebihan yang terabaikan

1725636421.jpeg
ヒンメル
4 months ago