andini-aliyah-putri-putri

Indonesia Milik Kita

kita harus menjaga tanah air kita!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Hal ini membuat Indonesia kaya akan keragaman budaya dan tradisi serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah. 

Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara, seperti Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste untuk wilayah darat. Sementara untuk wilayah laut, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Palau, India, Timor Leste, dan Australia.


Dari sini kita bisa mengetahui bahwa indonesia adalah negara yang sangat lah besar dan pasti memiliki wilayah yang luas. Nah, kondisi geografis yang sedemikian rupa membuat konflik atau sengketa wilayah kerap terjadi. Banyak gangguan yang dilakukan oleh negara lain, baik melalui bidang kemaritiman maupun bidang kedirgantaraan. Keamanan maritim yang mencakup kawasan perairan dan dirgantara yang meliputi udara menjadi salah satu hal yang penting dari suatu negara dalam menjaga kedaulatan negara. 


Beberapa gangguan yang dilakukan oleh pihak luar akan sangat mengkhawatirkan karena bisa menjadi sinyal atau ancaman terhadap kedaulatan negara Indonesia. Sengketa wilayah perbatasan menjadi salah satu masalah yang sering terjadi hingga saat ini. Salah satu permasalahan yang pernah terjadi adalah sengketa blok Ambalat dengan Malaysia. Sengketa wilayah perbatasan menjadi salah satu masalah yang sering terjadi hingga saat ini. 


gangguan di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Menjadi Tantangan indonesia untuk menjaga keutuhan negaranya dengan menetapkan batas wilayah. Itu menjadi salah satu simbol kedaulatan dari suatu negara. Berbagai gangguan perlu ditangkap agar tidak sampai mengancam stabilitas negara dan bangsa Indonesia.


Kita sebagai warga indonesia yang sangat mencintai negaranya harus mendukung negara untuk menetapkan batas wilayah atau sengketa, dari negara-negara tetangga yang berusaha untuk mengklaim wilayah kita.


Mari bersama menjaga nusantara!


sumber :

https://www.gramedia.com/literasi/tantangan-dalam-menjaga-keutuhan-nkri/

https://kids.grid.id/read/473638233/sengketa-wilayah-perbatasan-yang-pernah-terjadi-di-indonesia-materi-ppkn?page=all

https://www.kemlu.go.id/canberra/id/read/indonesia/2186/etc-menu

Hilang, Tersapu di Banda Aceh

Hilang, Tersapu di Banda Aceh

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
5 months ago
10 Magic Crystals

10 Magic Crystals

1714313169.jpg
ᴅᴀʀɪ_ᴀʀʏᴀꜱᴀᴊᴀ
5 months ago
Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

Peran Pohon dalam Kelangsungan Hidup Manusia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
8 months ago
Bad or Good Habits?

Bad or Good Habits?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
7 months ago
Anekdot: Lift Monas Rusak!!

Anekdot: Lift Monas Rusak!!

1706535478.jpg
~fi
7 months ago