ainun 2 weeks ago
frieren

Tumbuhkan Rasa Cintamu Untuk Negerimu

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan perbatasan dengan negara-negara tetangga. Kondisi geografis ini membuat Indonesia harus berhadapan dengan berbagai sengketa perbatasan yang bisa menimbulkan konflik dan kerugian bagi kedua belah pihak. Sengketa perbatasan bisa berdampak negatif bagi hubungan bilateral antar negara, stabilitas regional, keamanan nasional, kedaulatan teritorial, serta kesejahteraan dan hak-hak masyarakat perbatasan. 


Oleh karena itu, sengketa perbatasan harus diselesaikan secara damai dan diplomatis melalui dialog dan negosiasi antar pemerintah. Dalam seperti ini, Pemerintah Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sengketa perbatasan dengan negara-negara tetangga sesuai dengan hukum internasional dan prinsip-prinsip persahabatan. Namun, pemerintah tidak bisa sendiri tanpa dukungan dari masyarakat Indonesia, sebab masyarakat Indonesia memiliki peran penting untuk memberi dukungan kepada pemerintah. 


 Ayo kita semua berpartisipasi untuk memberi dukungan kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah sengketa perbatasan wilayah dengan : 


1.Menghormati Hukum Dan Aturan Yang berlaku 

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah kita harus menghormati hukum dan aturan yang berlaku, mau hukum nasional maupun hukum internasional yang mengatur batas-batas wilayah. 

2.Menjaga Kerukunan dan Persaudaraan Dengan Masyarakat Perbatasan Negara lain 

Hal ini tidak kalah penting untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara kedua negara. Dengan menjaga kerukunan dan persaudaraan dengan masyarakat perbatasan negara lain, kita sebagai masyarakat bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan antarnegara. 

3.Mendukung Program-Program Pemerintah untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan 

Selanjut untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang memadai bagi masyarakat perbatasan yang seringkali menghadapi berbagai kesulitan dan keterbatasan. Kita harus berpartisipasi aktif dalam program-program pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertahanan keamanan di wilayah perbatasan. Dengan mendukung program ini kita kita bisa membantu pemerintah untuk memperkuat kedaulatan dan integritas nasional di wilayah perbatasan dan juga bisa menikmati hak-hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang setara dengan warga negara lain di wilayah lain.

 

Jadi kita tegaskan kembali bahwa Indonesia itu memiliki banyak pulau dan perbatasan dengan negara-negara lain untuk menghindari dampak negatif dari masalah itu kita bisa berperilaku seperti langkah-langkah di atas tadi berperilaku tadi adalah perilaku yang menunjukan sikap nasionalisme, patriotisme, solidaritas, toleransi, dan kerjasama untuk menjaga kerukunan dan keamanan perbatasan wilayah   


https://intisari.grid.id/read/033775717/perilaku-dukungan-kepada-pemerintah-selesaikan-sengketa-batas-wilayah?page=all


10
60
Pernah Menelan Air Laut?! Hati-hatilah!

Pernah Menelan Air Laut?! Hati-hatilah!

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Sejarah Peradaban Islam

Sejarah Peradaban Islam

1706572334.jpg
Indira Vania Zalfaruna
9 months ago
Apam Barabai

Apam Barabai

1707117993.jpeg
Hafizh
8 months ago
Catur

Catur

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
7 months ago
Mengapa Serigala Tidak Bermain Sirkus?

Mengapa Serigala Tidak Bermain Sirkus?

1709266450.jpeg
Nasywa A.
9 months ago