jasmine 8 months ago
minee #sains

Introvert/Extrovert?

Dua kepribadian yang paling populer di kalangan individu.

Sebenarnya, apa sih itu istilah introver dan ekstrover?

Mungkin kebanyakan juga dari kalian telah mengetahui istilah-istilah ini, dan mungkin juga ada teman kita yang belum tau. 

Jadi sebelum masuk lebih jauh, yuk kenalan dulu dengan dua istilah ini!


Introver

Introvert bisa diartikan dengan kepribadian manusia yang cenderung pendiam, tidak suka bersosialisasi, dan lebih suka ketenangan. Orang dengan kepribadian ini biasanya tidak suka banyak berbicara dan melakukan segala hal yang menurutnya tidak penting.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa introver termasuk orang yang pendiam dan tidak suka bergaul. Lantas, kalian mungkin berpikir, ‘Bagaimana cara introvert mendapat teman? Mereka saja termasuk orang yang susah bergaul’. Jawabannya kenapa tidak?

Seorang introver biasanya lebih memilih untuk diam dan menunggu orang lain terlebih dahulu untuk berkenalan dengannya. Mungkin, pada awalnya orang dengan kepribadian ini hanya akan menanggapi dengan senyuman canggung dan juga uluran tangan.

Terkadang introvert berpikir, ‘Awal-awal memang sangat canggung, tapi apa bisa terus terusan seperti ini? Mana betah jika seperti ini caranya’. Tunggu, tapi tak selamanya introver terus pendiam, kok.

Orang introver biasanya akan menjadi banyak berbicara saat dirinya sudah memiliki teman/sahabat yang membuat mereka nyaman, mereka cenderung akan lebih banyak melakukan aktivitas.

Bedakan dengan ambiver, ya!

Orang introver memang orang yang membosankan, tapi sudah pasti setiap orang introver akan takut kehilangan teman. Dia takut jika nanti temannya akan memiliki sahabat yang baru, apalagi sahabat barunya adalah seorang ekstrover, pasti akan lebih seru.


Ekstrover

Orang yang ekstrover sangat berbanding terbalik dengan Introver. Orang yang ekstrover lebih banyak berbicara dan suka untuk berbaur dengan orang lain. Orang dengan kepribadian ini akan lebih suka berada di tempat yang ramai, loh!

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung menyukai hal-hal yang bersifat berkelompok di mana mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang dan tidak suka sendirian.

Banyak berbicara dan suka bergaul, siapa lagi jika bukan seorang ekstrover?

Orangnya memang sangat banyak berbicara. Orang dengan jenis kepribadian ini pasti menyenangkan untuk diajak mengobrol. Namun terkadang, bisa juga mereka membuat orang lain kesal karena terlalu banyak tingkah.

Di setiap kelompok diskusi, mereka pasti yang paling aktif di antara anak yang lainnya.

Lalu, siapa yang setuju, bahwa bila seorang ekstrover diam saja sedari tadi, kalian pasti menganggapnya mereka sedang marah? Padahal itu saja belum pasti.


Jadi bagaimana? Sekarang sudah tau kan perbedaan dari dua istilah tersebut. Menurut kalian, kalian termasuk kelompok yang mana, nih?

Jadi bagaimana? Sekarang sudah mengenal lebih lanjut kan tentang mereka? 

18
169
Segitiga yang Aneh

Segitiga yang Aneh

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
5 months ago
Kode-kodean

Kode-kodean

1714313169.jpg
ᴅᴀʀɪ_ᴀʀʏᴀꜱᴀᴊᴀ
6 months ago
Penangkapan Pangeran Diponegoro : Kotinjesi

Penangkapan Pangeran Diponegoro : Kotinjesi

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
3 months ago
Idul Fitri 1432 H: Hilal Tak Terlihat, Lebaran Diundur

Idul Fitri 1432 H: Hilal Tak Terlihat, Lebaran Diundur

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
1 month ago
Gus Dur : Perjalanan Panjang Sang Guru Bangsa

Gus Dur : Perjalanan Panjang Sang Guru Bangsa

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
8 months ago