Jaga Mata (serial JAGA)

Jagalah penglihatanmu!


Ehem! Hayo, siapa yang suka nonton, main game? Ada aja ya, trik-trik memanipulasi benda di depan kita ini, mulai dari ganti-ganti tab, hingga cntrl, alt, dan macem-macem lainnya. Memang, benda di depan kita ini luar biasa menarik, siapa coba yang gak pernah ngelihat? Bahkan anak umur 2 tahunan udh pedang ini loh! Tapi hati-hati, kita harus mengontrol benda ini dengan baik. JANGAN SAMPAI kita yang di kontrol!


***


Memang, banyak hal positif yang bisa kita ambil dari layar ini. Tapi, tidak sedikit konten negatif, menanti untuk dilihat, dibuka, apalagi di share(dibagi). Naudzubillah! Bahaya banget kan?ย 

Jangan sampai kita terjerat dalam hal itu. Untuk masalah game, kecanduan telah terjadi dimana-mana. Untuk masalah browsing, salah kata kunci fatal akibatnya. Untuk masalah nonton, aurat-aurat diumbar sedemikian rupa! Hei, siapa yang mengontrol itu semua? KITA!

Hanya kitalah yang bisa mengontrol, dan sekali terjerat ke dalam lubang hitam mengerikan itu, kita seperti sudah memakai obat-obatan terlarang! Kalian tau narkotika? Alkohol?ย 

Sederhananya, jika kalian tidak bisa mengontrolnya, sudah masuk ke lubang itu. Maka, layar di depan ini sudah menjadi sejenis obat-obatan itu! Ingatlah, jika sudah terlalu jauh, susah untuk kita berhenti. Karena itu, harus ada kemauan dari dalam diri kita. Orang lain mana bisa mengontrol. Hanya kitalah yang bisa menghentikan semua itu!

Ok, kita bagi dua ya!


Masalah Game.

Kalian tau sakit? Yap! Jika kita sudah kecanduan bermain, kita sudah sakit. Bagaimana cara sembuhnya? Dengan antibody, imun tubuh. Masalahnya adalah, kita mempunyai imunnya tidak? Itu saja pertanyaannya.ย 

Imun ini dalam artian adalah, yang bisa menahan laju kecanduan ini. Yaa, sama-sama menahan sih. Kamu tau? TIDAK APA-APA main game asal INGAT WAKTUUU! Jika kita sudah lupa, maka kita sudah menderita yang namanya, sakit KECANDUAN.

Lalai, lupa. Adalah faktor terdalam dari kecanduan ini. Dan faktor dari kedua kata itu sangat besar. Mereka bisa menjerumuskan kita kemana-mana.


Lupa - Waktu - Shalat

Lupa - Orangtua - ...

Lalai - Tugas

Lalai - Belajar - Gagal Ujian - Tinggal Kelas

Dan masih banyak lagi!


Masalah Nonton.

Zaman sekarang, banyak sekali nontonan yang diselip-selipin. Seperti racun. Makanan yang dihidangkan seperti aman, tapi di dalamnya terdapat racun mematikan. Ya! Sekarang ini banyak racun diselipkan ke nontonan-nontonan kita! Mungkin film itu terlihat baik awalnya, covernya. Eh, eh, eh.. Ternyata adegan tengahnya BERMASALAH.ย 

Jika sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Kita sendiri yang harus memutuskan. Kenapa begitu? Adakalanya BAHKAN, kita tau nontonan itu bermasalah, kita tau cover dan judulnya sudah bermasalah. Lantas, kita masih menontonnya? Ingatlah, hanya kita yang bisa mengontrol diri kita sendiri.

Mau kita makan racun? Mau, hah! Racunnya memang tidak mematikan, ini sejenis obat-obatan terlarang seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tapi, itu cukup untuk membuat kita โ€œmatiโ€.

Bukan cuma menonton. Gambar-gambar keseharian kita juga perlu dikoreksi. Ingat, setan punya banyak cara agar kita melihat sesuatu yang BURUK.


***


Lantas, bagaimana kita mengatasi masalah tersebut? Tentu saja dengan tidak memulainya. Itu memang masalah yang amat SEDERHANA. Yang RUMIT adalah jika kita sudah terjerumus ke dalam lubang hitam itu. Tapi, itu tidak serumit yang kalian bayangkan. Kuncinya cuma satu. Harus ada kemauan berhenti dari, DIRI KITA SENDIRI.

Kitalah yang tau yang mana yang BAIK, yang mana yang BURUK.


(TOBAT) :)



36
203
Polyalphabetic Cipher

Polyalphabetic Cipher

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
6 months ago
Kentang si Ubi Belanda

Kentang si Ubi Belanda

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbUn5LdO_ouUhICX0pUG2VVWqM959FBLyr5noCP=s96-c
Adissya Maulidina Cahyani
8 months ago
Elevator

Elevator

1707117993.jpeg
Hafizh
2 months ago

Cerita Narasi: Jika Ada Kesempatan Kedua

Sebuah cerita fantasi karya Suheyakhansa Ipak Isnaini

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago