R. Gatot Susilo 9 months ago
rgs02 #sains

Masalah yang tidak teratasi

Beberapa masalah yang kita temui terkadang menjadi masalah buntu yang tidak ada jalan keluar, namun bagaimana cara kita mengambil sudut pandang masalah yang kita temui ternyata berpangaruh besar terhadap bagaimana cara kerja kita untuk menguraikan masalah.

Dekomposisi

Dekomposisi adalah teknik menguaraikan ke bagian yang lebih terkecil. Menguraikan masalah ke bagian terkecil menjadi sudut pandang yang harus bisa diraih, namun permasalahan masalah utama ketika kita menghadapi masalah adalah rasa cemas. Rasa cemas menghambat untuk kita berpikir secara jernih. Untuk mencegah rasa cemas, memiliki cara yang tidak ada dalam buku manapun. Namun secara sadar kita harus memahami dan berbicara kepada diri kita sendiri bahwa masalah ini bisa diselesaikan. Kemudian teknik dekomposisi bisa dilakukan.

Dekomposisi Masalah

Beberapa kemungkinan masalah

Setiap masalah yang kamu temui ternyata memiliki beberapa hal kemungkinan, yang mana harus kamu ketahui dari kemungkinan masalah yang terjadi, antara lain:

  1. Setiap Masalah itu unik, kita sering salah paham dengan kunci masalah ini, sebab kita sering kali membandingkan masa lalu dengan masalah yang kita anggap sama. Namun ternyata yang kita hadapi berbeda, sebab kita harus mengetahui variabel yang terjadi dalam masalah, apakah konsepnya sama atau variabel nya sudah sangat berbeda
  2. Belum dibatasi, tidak bisa diselesaikan, seringkali kita selalu memikirkan terlebih dahulu akibat dari masalah ini sebelum mendefinisikan masalahnya, dan terjebak dalam akibat yang kita bayangkan hingga kita tidak tau apa yang harus kita lakukan. Menjadi lumpuh pikiran.
  3. Solusi mengarah hal yang tidak terduga, masalah ini menjadi solusi dimana kita membayangkan dan mengkorelasikan dari titik masalah ke masalah lain yang tidak ada hubungannya namun ternyata ada benang merah disana.
  4. Tidak ada solusi yang jelas, masalah yang kita hadapi tidak bisa disamakan hanya dengan satu solusi yang sama, berbeda dengan keunikan masalah, dalam poin ini terkait bagaimana kita berkreasi untuk menciptakan solusi yang dinamis.
  5. Setiap masalah sosial, pasti rumit. Contohnya pertengkaran antara siswa ataupun lainnya membuat masalah ini sulit diselesaikan, bahkan masalah itu telah selesai namun sebenarnya belum.
  6. Masalah yang harus diselesaikan dalam jangka panjang, bagaimana kamu akan menghadapi sebuah masalah yang akan selalu sama dan harus disolusikan sepanjang waktu? tentu masalah ini harus dibutuhkan sistem atau panduan untuk menyelesaikannya.
10
212
Ruwatan Rambut Gimbal

Ruwatan Rambut Gimbal

1708678186.jpeg
Salisa Najwa
9 months ago

Buah atau Sayur? (Ai's Version)

Tugas STEAM :D

1711632858.jpeg
iykyk
1 month ago
Dimulai dari Kecil

Dimulai dari Kecil

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Does Gold Grow on Trees?

Does Gold Grow on Trees?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
2 months ago
Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

Sedikit Tentang Rumah Joglo: Rumah Adat Jawa Tengah

1707266435.jpeg
āœÆā™„į›‹į›‹š”„vš–Žš–“š”¬į›‹į›‹ā™„āœÆ
9 months ago