Arjunas 8 months ago
05 : 30 #bahasa

JAMBU AIR

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara.

Jambu Air

Pohon jambu air adalah salah satu varietas yang keberadaannya mudah ditemukan di Indonesia. Rasa buahnya lebih asam ketika buah masih muda dan manis ketika buah sudah matang. Keberadaan pohon ini sering ditemui di pekarangan rumah sebagai pelindung dari terik matahari. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Syzygium aqueum.

Jambu air selain memiliki rasa yang segar, juga menjadi salah satu buah yang sering kita temui, ternyata memiliki banyak jenis serta manfaat. Pohon jambu air yang merupakan famili dari Myrtaceae atau kelompok dari jambu-jambuan. Awalnya kemunculannya di daerah Indonesia. Tanaman jambu air Indonesia memiliki karakteristik rasa yang manis, asam, dan segar. Buah ini dapat dimakan secara langsung atau dijadikan sebagai asinan maupun rujak.

Buahnya berbentuk seperti lonceng, kerucut, atau dengan bentuk bulat ke atas. Jambu air juga memiliki biji dengan dilapisi selaput berwarna putih. Namun, ada juga yang memiliki biji kecil, atau bahkan tidak memilikinya sama sekali.

Jambu air memiliki akar tunggang atau dapat disebut sebagai radik primaria dan memiliki cabang perakaran yang kecil. Jambu air memiliki batang berkayu dengan struktur yang kuat dan keras. Pohon jambu air dapat mencapai tinggi hingga sekitar 3-10 meter atau bahkan lebih.

Mempunyai bunga yang berjenis majemuk, dengan bunga yang berbentuk malai dengan warna kuning keputihan. Bunga ini terletak di bagian ketiak daun, kelopak memiliki bentuk corong, ukuran pada benang sari sekitar 3-3,5 cm dengan warna putih dan memiliki 20 benang sari lebih, serta putik yang berukuran 4-5 cm dengan warna hijau.

Jenis daun yang dimiliki yaitu tunggal, bertangkai, di ujung daun berbentuk tumpul dan di pangkal bulat, dengan panjang daun sekitar 15-20 cm serta lebar 4-6 cm atau lebih, dan memiliki tulang daun menyirip berwarna hijau. Memiliki diameter kurang lebih 1,5 cm dengan warna hijau ketika masih muda hingga kemudian menguning dan berguguran ketika sudah tua.

Selain rasanya menyegarkan, kita juga bisa mengambil berbagai manfaat mulai dari akar hingga ke buahnya. Beberapa manfaat pohon Jambu Air di antaranya yaitu buahnya bisa digunakan untuk mengatasi diabetes karena dapat mengubah gula menjadi energi. Sementara, daunnya dapat digunakan untuk obat mata, bijinya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asma, obat diare, dan meredakan demam.


Kelompok 2 Bahasa Indonesia:

  1. Arjuna Setya Utomo
  2. M. Fethullah Gulen
  3. Nabygha Jibran Alvino
20
241
Apakah Ada Kehidupan Lain di Luar Angkasa?

Apakah Ada Kehidupan Lain di Luar Angkasa?

1713878955.jpeg
llovie
9 months ago
Resensi Buku Non Fiksi "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah"

Resensi Buku Non Fiksi "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
Dari Metafisika ke dunia Metakimia

Dari Metafisika ke dunia Metakimia

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
TEROR MALAM ITU

TEROR MALAM ITU

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
3 months ago
Bagong, tokoh pewayangan yang tidak disukai oleh pihak Belanda

Bagong, tokoh pewayangan yang tidak disukai oleh pihak Belanda

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxYKZ-s4XsIaC9Al3R5ep1uEBVAvHMkuM9MhZQxr=s96-c
Afra Septi Kania
3 months ago