帅气的尼汉 Han 6 months ago
Mas Han V1.0 #sains

Jembatan Angkat

Jembatan yang bisa bergerak

Jembatan angkat/dalam bahasa Inggris: drawbridge adalah jenis jembatan yang bisa diangkat dan diturunkan. Jembatan ini biasanya digunakan di perairan seperti sungai atau danau yang dilalui kapal atau perahu besar. Ketika kapal atau perahu besar ingin melalui bawah jembatan, ia harus me-request kepada pengatur jembatan tersebut agar jembatan akan bisa diangkat sehingga kapal atau perahu bisa melalui di bawahnya. Setelah kapal atau perahu lewat, jembatan akan kembali diturunkan oleh controller. Jembatan angkat juga bisa digunakan pada jalan layang atau jalur kereta api yang harus melewati perlintasan jalur kapal laut atau kapal besar. Prinsip jembatan angkat adalah seperti jendela yang dapat dibuka dan ditutup untuk memungkinkan pergerakan di bawahnya.

Di negara tercinta kita yaitu Indonesia juga punya jembatan angkat namun hanya tersisa satu yang masih beroperasi/bergerak dan berikut ini adalah jembatan angkat yang ada di Indonesia.

1. Jembatan Intan

Jembatan ini terletak di pulau Jawa di kota Jakarta di kota intan namun sekarang sudah menjadi tidak beroperasi karena sudah tidak adanya kapal yang mau lewat tetapi masih sering dilewati oleh warga sekitar hingga sekarang ini.

2. Jembatan Ferwerdarbrug/Jempatan Petekan

Jembatan ini terletak di pulau Jawa di kota Surabaya dekat pelabuhan Tanjung Emas. Jembatan ini jaya pada masa jaman Belanda dulu namun hancur di tangan anak bangsa karena sering terjadinya pencurian alat-alat yang ada di jembatan tersebut.

3.Jembatan Ampera

Jembatan ini terletak di Sumatra. Di Palembang jembatan berbeda dari lainnya kerana dia menggunakan mekanisme angkat/lift bridge, jembatan ini dulu masih beroperasi tetapi sekarang sudah nonaktif karena durasinya membuka dan menutup jembatan yang lama sekitar 30 menitan yang membikin perjalanan tergagu dan mengakibatkan macet.

4. Yang Terakhir yaitu Jembatan Emas

Jembatan ini dibangun tahun 2013 dan jadi 2015 an jembatan ini masih baru dan aktif sampai sekarang jembatan ini terletak di pulau Bangka belitung dan jembatan ini sering dijadikan tempat wisata untuk berfoto-foto tongkrongan, dll.

Dan itulah sekian dari saya.

6
166
Api di Dalam Laut

Api di Dalam Laut

1692749144.jpg
ᴍ. ʀᴀғʟɪ
8 months ago
Si Bader

Si Bader

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
11 months ago
Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

Resensi Buku Non Fiksi "Allah Pun Tertawa Melihat Kita"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
Apakah Sukun Bisa Menjadi Alternatif Pangan Pokok?

Apakah Sukun Bisa Menjadi Alternatif Pangan Pokok?

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
8 months ago
Kisah Nuaiman, Sahabat Rasululah SAW yang Ingin Menjual Temannya Sendiri

Kisah Nuaiman, Sahabat Rasululah SAW yang Ingin Menjual Temannya Sendi...

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGSC-4tJu0GSVhJhWaL17Y4Nj_9JS0uMP28p9QmlBg=s96-c
ALE-ALE
8 months ago