Abeladyaa 9 months ago
02:48 #sains

Keajaiban Salat Duha

Mengapa harus sholat duha?, mari kita simak penjelasan dan manfaatnya di sini!

Sejumlah ulama mengungkapkan keajaiban salat duha bagi kehidupan kita yaitu berada dalam penjagaan dan perlindungan Allah swt. Seperti yang kita tahu bahwa salat duha adalah salat yang sunah dikerjakan, apabila kita mengerjakan mendapat pahala dan apabila tidak mengerjakan tidak mendapat dosa.

Kata ad-dhuha berasal dari kata dhaha, secara etimologi berarti waktu matahari terbit, kemudian salat yang disandarkan terhadap waktunya. Jadi kapan waktu kita melaksanakan salat duha ialah ketika matahari telah terbit, karena jika salat duha dilaksanakan setelah salat subuh secara langsung, maka itu hukumnya haram, sebab waktu setelah subuh adalah waktu yang di haramkan untuk salat.

Salat duha itu memiliki keutamaan dan faedah yang sangat agung. Orang yang mengerjakan salat duha selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan dari Allah swt. sepanjang hari, dosa-dosanya dihapuskan, terjaga dari perbuatan-perbuatan buruk, dibangunkan rumah di dalam surga, serta sepadan dengan sedekah 360 kali.


Adapun hadis-hadis yang berbicara mengenai keutamaan salat duha, di antaranya adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَ لَهُ ذُنُوْبُهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ .

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa memelihara pelaksanaan salat duha yang genap jumlah rakaat nya, maka di ampunilah dosa-dosanya, sekalipun banyaknya laksana buih lautan’.” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Salat Duha Menurut Para Ulama:

1. Sebagai Sedekah

Keutamaan salat duha yang pertama adalah dianggapnya ibadah sunah tersebut sebagai pahala sedekah. Secara lebih terperinci, siapa pun yang mengerjakan salat duha akan dianggap telah bersedekah atas seluruh anggota tubuhnya. Amar ma'ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan salat duha dua rakaat.

2. Tak Dianggap Lalai

Selain itu, keutamaan salat duha yang berikutnya adalah siapa pun yang mengerjakannya tak akan dianggap sebagai orang lalai. Maka dari itu, dalam mencari rahmat Allah hendaknya kita senantiasa mengerjakan salat duha agar terlepas dari sifat lengah dan lalai. 

3. Diampuni Dosanya

Keutamaan salat duha yang berikutnya adalah diampuninya dosa-dosa di masa lampau. Siapapun yang mengerjakan salat duha secara rutin, maka dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni Allah SWT. Berikut sabda dari Rasulullah saw.,

"Siapa yang membiasakan (menjaga) salat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Memiliki Istana Surga

Barang siapa yang secara rutin mengerjakan salat duha juga akan mendapatkan istana megah di surga kelak kemudian hari. Adapun sabda mengenai keutamaan salat duha ini yaitu sebagai berikut,

"Barang siapa salat duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga." (HR. Tirmidzi)

5. Menyehatkan Tubuh

Selain itu, menunaikan salat duha setidaknya dalam dua rakaat juga dapat menyehatkan tubuh. Semua anggota tubuh hendaknya senantiasa mengagungkan Allah swt.

Itu semua adalah beberapa keutamaan dan keajaiban salat duha bagi hidup kita yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Sebenarnya keutamaan salat duha masih banyak seperti memperlancar datangnya rezeki, membantu meningkatkan konsentrasi, membangun siswa berkarakter kuat dan berakhlak mulia. Ayo semangat sholat duha!.

16
151
Tragedi Bintaro I

Tragedi Bintaro I

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
9 months ago
Kerajaan Mataram Kuno yang Tak Diakui

Kerajaan Mataram Kuno yang Tak Diakui

1706572334.jpg
Indira Vania Zalfaruna
3 months ago
Gen's Betrayal

Gen's Betrayal

1714468629.jpeg
Zakiyy
5 months ago
Ibu Cerdas, Anak Cerdas?

Ibu Cerdas, Anak Cerdas?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
8 months ago
Dia Menatap Cermin (Cerpen)

Dia Menatap Cermin (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 year ago